Mobile World Congress 2020 Batal akibat Wabah Virus Corona

GSM Association (GSMA) mengatakan telah memutuskan membatalkan Mobile World Congress (MWC) yang direncanakan di Barcelona. BT, Facebook, LG, Nokia, Sony, dan Vodafone adalah di antara peserta pameran profil tinggi yang telah mengundurkan diri dari acara tahunan tersebut dengan alasan ketakutan akan virus corona. Tetapi menteri kesehatan Spanyol, Salvador Illa, mendesak orang untuk tetap tenang.

Sebelumnya pada hari Rabu, Illa mengatakan orang harus “percaya pada sistem kesehatan Spanyol” dan “mengambil keputusan berdasarkan bukti ilmiah”. MWC dijadwalkan akan diadakan di Barcelona pada 24-27 Februari. Lebih dari 100.000 orang biasanya menghadiri acara tahunan tersebut, sekitar 6.000 di antaranya bepergian dari Tiongkok.

Ribuan perusahaan memamerkan inovasi terbaru mereka, memberi dorongan besar bagi perekonomian lokal. Tetapi awal minggu ini, Amazon, Sony, LG Electronics, Ericsson, Facebook, dan pembuat chip Intel dan Nvidia mengatakan mereka tidak akan menghadiri konferensi.

Kelompok telekomunikasi Prancis, Orange juga menarik diri, meskipun ketua eksekutifnya, Stephane Richard, memimpin GSMA. Deutsche Telekom mengatakan akan “tidak bertanggung jawab” untuk mengirim stafnya ke pertemuan besar dengan begitu banyak tamu internasional.

Dalam sebuah pernyataan, kepala eksekutif GSMA John Hoffman mengatakan: “Dengan memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah hari ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020.”

Dia mengatakan “keprihatinan global mengenai wabah virus corona, kekhawatiran perjalanan, dan keadaan lain” telah membuatnya tidak mungkin untuk mengadakan acara tersebut.

Analis industri Ben Wood, dari konsultasi CCS Insight, mengatakan GSMA telah menjadi “korban keadaan di luar kendali”. “Ini kekecewaan besar acara ini tidak akan berjalan tahun ini,” katanya.

“Dampak pada perusahaan kecil yang telah menginvestasikan jumlah yang tidak proporsional dari anggaran mereka dan waktu pada acara ini tidak boleh di bawah perkiraan. MWC adalah peristiwa utama bagi banyak orang dan sekarang mereka menghadapi tantangan karena harus mencari cara terbaik untuk menyelamatkan. sesuatu dari situasi yang sulit ini,” imbuh Wood.

Sebuah laporan oleh situs berita teknologi Wired menyarankan GSMA telah mendesak pemerintah Spanyol untuk menyatakan darurat kesehatan sehingga dapat membatalkan acara tersebut. Laporan itu menyarankan kebijakan asuransinya tidak akan mencakup kerugian GSMA, jika organisasi memilih untuk membatalkan acara, daripada diminta untuk melakukannya oleh otoritas yang menyatakan darurat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp