Mengenal Steam Deck – Konsol Game Canggih dengan Spesifikasi Setara PC

01. steam deck, konsol game

Doran GadgetDunia game konsol semakin semarak dengan hadirnya perangkat terbaru yang dikeluarkan oleh Valve yakni Steam Deck. Kemunculanya disebut-sebut sebagai pesaing terberat dari Nintendo Switch yang telah hadir lebih dulu dan merajai sektor konsol game populer. Seperti apa bocoran spesifikasi, harga dan fitur unggulannya? Doran Gadget merangkumnya untuk Anda.

Spesifikasi Konsol Game Steam Deck

04. steam deck, konsol game

Steam Deck konon disebut-sebut sebagai salah satu konsol game terbaik di saat ini. Meski bentuknya mirip dengan konsol game Nintendo Switch, namun dari segi spesifikasi berbeda dan inilah yang membuatnya sangat  mumpuni untuk game terbaik favorit Anda. Melansir dari halaman resminya, berikut spesifikasi Steam Deck yang perlu Anda ketahui.

LayarLCD 7 inci touchscreen, resolusi 1.280 x 800 pixel, kecerahan 400 nits, refresh rate 60 Hz, dan memiliki ambient light sensor
MemoriRAM 16 GB LPEDDR5 RAM (5500 MT/s)

Storage

64 GB – eMMC (PCIe Gen 2×1)

256 GB – NVMe SSD (PCIe Gen 3×4)

512 GB – High Speed NVMe SSD (PCIe Gen 3×4)

Dimana pada semua model yang ada terdapat slot microSD high speed

Bobot dan Dimensi669 gram, 298 x 117 x 49 mm
HardwareAMD Accelerated Processing Unit (APU) CPU: Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz (up to 448 GFlops FP32) GPU: 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz (up to 1.6 TFlops FP32) Daya APU : 4-15W
SoftwareKDE Plasma Desktop

StreamOS 3.0 berbasis Linux Arch

Dukungan penuh untuk game PC Windows dan compatibility layer proton

Sensor dan GamepadGyroscope 6-axis IMU

Tombol navigasi arah (D-Pad)

Tombol operasi A, B, X, Y

Analog kiri dan kanan + trigger L3, R3

Tombol trigger L1, L2, R1, R2

Tombol View, Menu, Steam

Quick access 4 x assignable grip buttons (L4, L5, R4, R5)

Tombol volume

Tombol power 2 x Trackpad

Baterai40Whr dengan daya penggunaan 2-8 jam untuk gameplay, mendukung untuk pengisian daya 45W
KonektivitasDual speaker microphone, audio jack 3.5 mm, USB tipe-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11a/b/g/n/ac

Setara dengan PC

03. steam deck, konsol game

Jika melihat dari spesifikasi di atas, maka Steam Deck layak disebut setara dengan PC dan laptop. Misalnya saja adanya tombol triger pada sisi kiri maupun kanannya. Begitu juga dengan lima tombol lain seperti R1-R2 dan juga L1-L2. Kemudian, dilengkapi trackpad di bagian kiri dan kanan layar untuk navigasi dengan kursor seperti bermain game di laptop.

Hal yang mencolok di sini adalah segi layarnya yang memiliki resolusi 1280 x 800 pixel dengan layar 7 inci dimana spesifikasi ini biasa digunakan pada PC gaming. Dari sektor dapur pacunya menggunakan SteamOS yang sudah berbasis Linux dan bisa menjalankan game Windows dengan lancar berkat bantuan Proton yang berfungsi sebagai compatibility layer. Dengan begitu, Anda bisa memainkan berbagai game komputer tanpa melalui port khusus.

Tak cukup sampai di situ saja, konsol game besutan Valve tersebut juga kompatibel untuk ditampilkan pada layar TV. Ini bisa dilakukan melalui aksesori dock yang terpisah atau menggunakan kabel. Sehingga, bermain game lebih seru dengan tampilan layar yang optimal dan didukung grafis terbaik.

Baca juga: Review Driving Force Logitech G29 Sebelum Anda Membelinya

Harga Steam Deck yang Ditawarkan

02. steam deck, konsol game

Lantas, berapa harga yang dilepas di pasaran untuk game konsol ini? Pihak Valve sendri memutuskan masih belum final mengenai harga yang dipasarkan nantinya. Namun, para penggemar bisa melakukan reservasi mendapatkan akses untuk awal pembelian. Khususnya pada saat rilis di bulan Desember mendatang. Oleh karena itu, pihak pengembang pun menyarankan untuk langsung mengunjungi situs resm Steam Deck.

Sebagai bocoran, harga yang nantinya bakalan ditawarkan adalah 399 US$ atau bila dikonversikan ke Rupiah menjadi sekitar Rp5,7 jutaan. Harga tersebut untuk konsol game dengan memori penyimpanan 64 GB. Sedangkan untuk tipe 256 GB dibanderol seharga 529 US$ atau sekitar Rp7,6 jutaan. Sementara, untuk ukuran 512 GB bakalan dibanderol seharga 649 US$ atau Rp9,4 jutaan.

Bagaiamana, tertarik memilikinya? Sepertinya Anda harus bersabar dulu mengenai kapan pastinya konsol ini rilis di tanah air. Meski begitu Anda bisa mempersiapkan aksesoris gaming tambahan lainnya untuk pengalaman bermain mengesankan yang bisa didapat di Doran Gadget. Informasi lebih lanjut dan up to date bisa join di channel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.