aplikasi zoom (1)

Doran GadgetAplikasi Zoom menemukan momentum terbaiknya sejak setahun belakangan. Terutama sejak awal pandemi COVID-19 dan dikeluarkannya kebijakan untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah secara online guna mencegah penyebaran virus corona. Aplikasi ini pun banyak digunakan untuk kegiatan seperti belajar-mengajar, meeting perusahaan, melakukan panggilan video dengan keluarga, hingga webinar dalam jumlah peserta yang besar. Sebenarnya, apa keunggulan aplikasi yang digagas Eric Yuan ini?

Keunggulan Aplikasi Zoom

Berikut beberapa keunggulan dari aplikasi Zoom dan alasannya banyak digunakan hingga saat ini yang telah Doran Gadget rangkum .

1. Kualitas Video Terbaik

aplikasi zoom (2)

Untuk meeting dan konferensi secara online, kualitas video dan suara terbaik adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, dengan kualitas video dan suara yang buruk pesan tidak akan tersampaikan. Bahkan audiens enggan mengikuti jalannya sesi hingga akhir.

Keunggulan Zoom terutama berada pada kualitas videonya. Bisa dibilang inilah keunggulan aplikasi inilah yang beda dari lainnya. Video Zoom memiliki kualitas jernih dengan resolusi HD yang bisa dinikmati menggunakan smartphone, PC, maupun laptop.

2. Aplikasi Zoom Tersedia dalam Safe Mode

aplikasi zoom (3)

Bagi sebagian orang, melakukan konferensi via video terkadang menjemukan. Hal ini karena pengguna harus mengikuti konferensi dari awal sampai akhir. Mereka pun harus menonton video secara terus menerus. Namun, aktivitas seperti ini kurang menndukung. Terlebih lagi pada kondisi tertentu seperti ketika sedang mengemudi atau berada dalam perjalanan.

Anda tak perlu khawatir lagi ketinggalan sesi, karena aplikasi Zoom memiliki fitur ‘Safe Mode’ yang bisa diaktifkan. Dengan begitu Anda tetap terhubung selama sesi dan terhindar dari bahaya. Tak hanya itu, sesi konferensi juga bisa direkam dan diintegrasikan ke cloud. Sehingga Anda dapat membuka rekaman tersebut jika di waktu yang lain diperlukan.

3. Dapat Melakukan Panggilan Hingga 500 Orang

aplikasi zoom (4)

Keunggulan berikutnya adalah aplikasi Zoom mampu untuk mencakup hingga 500 orang per panggilan atau konferensi bila menggunakan paket Zoom Enterprise. Sedangkan untuk paket Zoom Business memiliki cakupan hingga 300 orang untuk per panggilan.

Dari jumlah tersebut, jelas aplikasi ini lebih unggul bila dibandingkan aplikasi video konferensi lainnya seperti Google Meet yang memiliki kapasitas terbatas hanya 250 orang atau partisipan saja. Maka tak heran juga banyak digunakan untuk webinar dan konferensi yang melibatkan orang banyak lainnya.

Baca juga: 8 Tips Cara Jalankan Webinar Pertama

4. Gambar Latar Mudah Diubah Sesuai Keinginan

aplikasi zoom (6)

Masalah saat menjalani sesi konferensi video yang cukup mengganggu adalah mengenai latar belakangnya. Anda harus menentukan tempat yang bagus agar lebih enak dipandang oleh audiens lainnya. Hal itu tak perlu dilakukan ketika menggunakan Zoom, karena Anda bisa mengubah latar belakang sesuai keinginan. Mulai dari tema alam yang menenangkan hingga tempat yang rapi maupun latar banner acara yang sedang Anda ikuti atau selenggarakan. Dengan begitu, tak perlu ragu untuk tampil percaya diri.

5. Bisa Digunakan Semua Platform

aplikasi zoom (5)

Terakhir keunggulan aplikasi Zoom yakni dapat digunakan di berbagai platform tanpa batasan. Mulai dari iOS, Android, dan juga Windows. Anda pun bisa mengundang audiens lain dengan mudah melalui pengiriman tautan ke WhatsApp. Dengan catatan, selama sesi berlangsung Anda harus tetap terhubung dengan jaringan internet.

Lalu, untuk URL-nya pun dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Misalnya menggunakan nama perusahaan seperti contoh ‘dorangadget.zoom.id’ yang lebih ringkas dan mudah diingat. Bandingkan dengan URL asli yang merupakan kombinasi huruf dan angka dalam jumlah banyak dan panjang serta membuat audiens kebingungan.

Maksimalkan Penggunaan Aplikasi Zoom dengan Perangkat Terbaik

Setidaknya itulah beberapa kelebihan aplikasi Zoom yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat saat ini dalam melakukan aktivitas di tengah pandemi. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat melakukan sesi Zoom seperti meeting, belajar, dan melakukan panggilan dengan orang terkasih Anda bisa menggunakan perangkat dengan kualitas baik di Doran Gadget.

Misalnya saja dengan menggunakan webcam terbaik dari JETE dan juga webcam Logitech yang memberikan kenyamanan dengan fitur unggulan. Di samping itu, perangkat tambahan lainnya adalah headset dengan kualitas unggulan untuk menghasilkan suara yang jernih. Bila Anda menggunakan perangkat komputer, perhatikan pula keyboard yang ada, semakin nyaman keyboard komputer yang digunakan juga mendukung Anda saat bekerja dari rumah maupun jarak jauh hingga meeting online.

Untuk informasi up to date seputar aksesoris lainnya, Anda bisa join di channel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.

Artikel terkait: