Facebook Sedang Kembangkan Sistem Operasi Sendiri

Facebook Sedang Kembangkan Sistem Operasi Sendiri

Raksasa media sosial Facebook, dalam upaya untuk membebaskan diri dari ketergantungan pada raksasa teknologi lain seperti Google, telah dilaporkan memulai pengembangan sistem operasinya sendiri. Pengembangan pertama kali dilaporkan oleh The Information.

Ini berarti bahwa di masa depan, produk-produk perangkat keras dari Facebook, yang mencakup orang-orang seperti Oculus dan Portal, dapat menjalankan sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, kata laporan itu mengutip eksekutif Facebook Ficus Kirkpatrick.

Menurut laporan itu, sistem operasi dari Facebook, yang namanya tidak diketahui, akan dibangun dari awal. Proyek ini dipimpin oleh Mark Lucovsky, mantan insinyur Microsoft yang ikut menulis sistem operasi Windows NT.

Patut dicatat bahwa raksasa media sosial Facebook belum mengindikasikan kapan sistem operasi (OS) tersebut tiba atau produk mana yang akan menggunakannya terlebih dahulu. Ini bukan pertama kalinya Facebook mempertimbangkan untuk mengembangkan OS sendiri. Facebook pernah mengembangkan prototipe OS kustom untuk Rumah, tetapi akhirnya memutuskan untuk melanjutkan dengan Android.

Tampaknya versi sistem operasi saat ini yang sedang dikerjakan Facebook adalah bagian dari upaya perusahaan yang lebih besar untuk menjadikan dirinya mandiri dan mengurangi ketergantungan pada perusahaan lain.

Andrew Bosworth, kepala Facebook dari augmented reality dan virtual reality, mengatakan kepada The Information: “Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami,” “Kami tidak berpikir kami dapat mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan hal itu terjadi. Dan jadi kita akan melakukannya sendiri. “

Seiring dengan sistem operasinya sendiri, Facebook juga mengembangkan asisten suara yang mirip dengan Siri Apple dan Alexa Amazon. Perusahaan bahkan mendekati Microsoft untuk melisensikan data dari mesin pencari Bing-nya untuk melatih asisten.

Pengembangan semua produk perangkat lunak ini untuk memperkuat perangkatnya akan dilakukan di kampus baru 770.000 kaki persegi Facebook yang sedang dibangun di Burlingame, California, di mana perusahaan juga mengembangkan produk lain, termasuk AR Glasses.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp