Mata Pengguna Terpejam, Face Unlock Pixel 4 Tetap Berfungsi

Mata Pengguna Terpejam, Face Unlock Pixel 4 Tetap Berfungsi

Google datang dengan sistem face unlock-nya sendiri untuk Pixel 4 dan 4 XL menggunakan sensor canggih di bagian bezel teratas. Teknologinya mirip dengan Face ID milik Apple. Hanya berfungsi membiarkan pengguna masuk ke ponselnya, Google percaya face unlock cukup aman untuk digunakan sebagai metode otentikasi di Android.

Ya, ponsel terbaru Google ini tidak lagi memiliki sensor sidik jari. Fungsi face unlock Pixel 4 dapat bekerja sangat cepat. Namun, fitur ini masih terdapat celah keamanannya. Dilansir The Verge, reporter BBC News Chris Fox memerhatikan masalah privasi yang mengkhawatirkan dari face unlock Pixel 4. Fiturnya tetap dapat berfungsi meski mata pengguna terpejam sepenuhnya.

 “Ponsel Anda juga dapat dibuka kuncinya oleh orang lain jika itu tertuju pada wajah Anda, bahkan jika mata Anda tertutup. Simpan telepon Anda di tempat yang aman, seperti saku depan atau tas tangan Anda,” tulis halaman dukungan tentang face unlock. Pengguna tentu akan mengikuti saran itu di malam hari karena penguncian wajah juga berfungsi jika tertidur lelap.

Hal itu adalah faktor risiko yang tidak dibagikan iPhone. Secara default, Face ID Apple membutuhkan attention, artinya mata pengguna harus terbuka dan secara aktif melihat layar iPhone atau iPad Pro untuk berhasil membuka kunci perangkat. Pengaturan ini, yang menurut Apple merupakan tindakan keamanan tambahan, dapat dinonaktifkan dalam pengaturan jika pengguna memilihnya. Namun, Apple dengan jelas menyatakan bahwa “requiring attention makes Face ID more secure” (membutuhkan perhatian membuat ID Wajah lebih aman).

Untuk Pixel 4, tidak ada opsi seperti itu atau dapat dikatakan belum tersedia. Namun, ada bukti bahwa Google sedang mengerjakannya. Di antara kebocoran Pixel 4 yang tak terhitung jumlahnya, Anda mungkin telah melewatkan foto layar ini dengan opsi untuk “mengharuskan mata terbuka” untuk membuka kunci wajah agar berfungsi.

Anda tentu bertanya-tanya mengapa hal ini terasa penting dibahas. Selain dari mengintai teman atau kerabat, face unlock Pixel 4 dapat memudahkan otoritas untuk membuka kunci perangkat tanpa izin pemilik.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp