Doran GadgetKeunggulan Realme C53 NFC langsung jadi perbincangan pasca dirilis di pada 15/6/2023 lalu. Edisi yang sama namun tanpa NFC diluncurkan pada Mei 2023 dan dipasarkan di Malaysia.

Hal yang menarik jadi perhatian adalah desainnya banyak yang menyebut mirip dengan HP flagship iPhone 14 Pro. Penasaran seperti apa spesifikasi Realme C53 NFC sekaligus fitur unggulannya? Simak di artikel ini sampai tuntas.

Spesifikasi Realme C53 NFC

keunggulan Realme C53 NFC (3)
sc: Okezone Techno

Adapun spesifikasi Realme C53 NFC secara umum sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Dimensi dan Bobot 7.49mm (tebal) dengan bobot 182 gram
Layar LCD 6.74 inci, refresh rate 90hz, 560 nits
Penyimpanan Internal: 128GB (plus slot microSD 2TB)
RAM: 6GB (plus virtual RAM 6GB)
Kamera Depan 8MP
Kamera Belakang 50 MP (utama), depth sensor
Sistem Operasi Android 13, Realme UI T Edition
Baterai 5000 mAh, Fast Charging SuperVOOC 33W
Fitur Lain Fingerprint, Dual slot SIM, microSD up to 2TB, Speaker Ultraboom
Warna Midnight Black, Champion Gold
Harga Mulai Rp2 jutaan

Baca juga: 7+ Rekomendasi HP Realme Terbaik 2023

Keunggulan Realme C53 NFC

Berikut beberapa keunggulan Realme C53 NFC yang layak menjadi pertimbangan Anda untuk memilikinya:

1. Performa Unggul

keunggulan Realme C53 NFC (1)
sc: Tribun Manado

Pertama adalah dari segi performanya yang unggul. Ini didukung dengan chipset Unisoc Tiger T612 12nm. Chipset ini sudah memiliki delapan core yang terdiri dari dua unit core-nya adalah Cortex A75 clock speed 1.8GHz. Kemudian terdapat enam unti dari Cortex A55 yang memiliki kecepatan yang sama. Di samping itu, performa tangguh ini juga berkat sokongan dari GPU Mali G57 untuk pengolah grafis semakin keren.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

2. Desain yang Elegan

Beralih ke desainnya, Realme C53 NFC memiliki tampilan mirip HP flagship dengan ukuran yang begitu tipis. Ketebalan HP ini hanya berukuran 7.49mm saja dan bobotnya sekitar 182 gram. Ditambah lagi dengan beberapa warna yang elegan seperti Champion Gold dan Midnight Black. Untuk warna Champion Gold terdapat lapisan Golden Silk Gradient yang membuat tampilannya terlihat berkilau.

3. Layar yang Memanjakan Mata

keunggulan Realme C53 NFC (2)
sc: Crast

Ketiga adalah layar yang cukup lega dengan ukuran 6.74 inci dan rasio bodi 85.5%. Tipe layar menggunakan IPS LCD Full HD+ beresolusi 1080×2400 piksel. Kecerahan layarnya berada di angka 560 nits dan membuat pengguna nyaman menatapnya di bawah sinar matahari langsung. Realme C53 NFC memiliki refresh rate 90 Hz untuk pengalaman scrolling minim lag. Kemudian, ada fitur Mini Capsule yang mirip Dynamic Island pada iPhone.

Baca juga: 6 Tipe Layar HP yang Sering Digunakan Brand Dunia

4. Baterai Tangguh Kapasitas Jumbo

Keunggulan Realme C53 NFC juga bisa dilihat dari baterainya berkapasitas 5000 mAh. Lalu, ada dukungan pengisian daya cepat SuperVOO 33W. Dengan fitur ini, pihak pabrikan mengklaim baterai bisa terisi 50% dalam waktu 31 menit. Adanya fitur pengisian cepat tersebut menjadi solusi bagi pengguna yang sering berada di luar ruangan dan tak perlu khawatir baterai cepat habis.

5. RAM Bisa Diperluas

keunggulan Realme C53 NFC (5)
sc: Carisinyal

Poin kelima yang menjadi keunggulan adalah RAM-nya yang memiliki ukuran 6GB. Tak sampai di situ saja, pengguna dapat menambah RAM virtual atau Dynamic RAM. Fitur ini akan menambah kapasitas RAM hingga 6GB. Dengan begitu, total RAM yang ada menjadi 12GB. Anda pun lebih bebas untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa harus khawatir HP menjadi lemot karena penyimpanan yang kapasitasnya semakin menipis.

Baca juga: Apa Itu Virtual RAM di Smartphone? Simak Penjelasannya!

6. Kamera Canggih

Bicara soal kamera, HP ini juga tak kalah dengan para pesaingnya di level new entry maupun kelas menengah. Pada bagian belakangnya terdapat 50MP untuk lensa wide dan satu buah lensa untuk depth. Ada pula fitur untuk mempercantik foto seperti PDAF, Night Mode, HDR, dan lainnya. Termasuk fitur Secret Garden untuk tampilan hasil foto tumbuhan semakin bagus. Di bagian kamera depan memiliki kamera dengan lensa 8MP. Kamera depan ini memiliki kualitas rekaman 720p/30fps HD. Lalu, kamera utama bisa merekam dengan 1080p/30fps.

7. Kapasitas Penyimpanan Besar

keunggulan Realme C53 NFC (4)
sc: Carisinyal

Selain RAM yang bisa diperluas, kapasitas penyimpanan internal yang cukup besardengan kapasitas 128 GB. Kerennya lagi, jumlah itu masih diperluas lagi mengunakan tambahan microSD sampai dengan 2TB. Adapun slot kartu dan microSD ini terpisah. Jadi, pengguna tak perlu repot lagi saat mengganti atau menukar SIM maupun microSD. Kapasitas penyimpanan yang besar membuat pengguna bisa menyimpan file penting dengan mudah.

Baca juga: Melihat Keunggulan UltraDart Realme, Teknologi Fast Charging 150W

8. Mendukung untuk NFC

Seperti namanya, fitur unggulan dari HP ini adalah Near Field Communication (NFC). Berkat teknologi ini, pengguna bisa melakukan transaksi dengan mudah. Misalnya transaksi untuk e-toll maupun ATM. Hanya dengan menempelkan kartu pada bagian badan belakang HP, maka sisa saldo akan muncul. Selain itu, transfer data pun lebih cepat. Untuk keamanan, terdapat sensor fingerprint di bagian samping.

Penutup

keunggulan Realme C53 NFC
sc: Gizmologi

Itulah ulasan mengenai keunggulan Realme C53 NFC. Meski begitu, di sisi lain HP ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Misalnya saja jaringan yang masih menggunakan 4G, tidak dibekali speaker stereo, hingga kamera ultrawide. Begitu juga dengan IP rating tidak disematkan. Namun, secara keseluruhan HP ini cukup baik untuk aktivitas sehari-hari.

Anda bisa melengkapinya dengan aksesoris gadget terbaik untuk penggunaan lebih nyaman sepanjang hari. Mulai dari headset, powerbank, charger, dan lainnya yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>