Doran Gadget – Selain chipset, kamera, memori, dan baterai, tipe layar HP sering kali dijadikan pertimbangan konsumen saat akan membeli sebuah smartphone. Beberapa lebih menyukai jika memiliki layar AMOLED, beberapa memilih menggunakan layar IPS LCD. Padahal selain dua tipe layar tersebut, ada beberapa jenis layar yang sering digunakan oleh brand smartphone di seluruh dunia. 

Tipe Layar HP untuk Smartphone 

Karena panel layar yang sesuai keinginan mampu memberikan kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphonenya. Baik untuk berkomunikasi, bermain game, hingga untuk kebutuhan hiburan dan multimedia seperti mengambil video, mengedit foto, hingga menonton film. Berikut ini adalah deretan tipe layar HP yang biasanya digunakan pada smartphone

1. OLED 

Beberapa ponsel menggunakan panel OLED untuk layar HPnya. Biasanya brand LG menggunakan OLED untuk layar ponselnya. OLED singkatan dari Organic Light-Emitting Diode yang memiliki lapisan-lapisan tipis electroluminescent dimana lapisan ini bisa menyala ketika dialiri listrik. 

Sehingga OLED mampu menghasilkan cahayanya sendiri tanpa butuh bantuan dari backlight seperti milik LCD. Karena itulah ponsel dengan layar OLED biasanya lebih hemat daya dibandingkan ponsel dengan panel LCD. 

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Oktober 2022

2. IPS LCD 

Banyak smartphone keluaran terbaru menggunakan tipe layar HP satu ini. IPS merupakan singkatan dari In-Plane Switching dan LCD singkatan dari Liquid Cyrstal Display. Layar satu ini tidak akan mengalami masalah tampilan layar yang buram. 

IPS LCD juga mampu memberikan sudut pandang yang baik meskipun dari arah samping. Tampilan layarnya tetap terlihat jelas, pengaruh pada konsumi daya baterainya juga lebih hemat dibandingkan menggunakan panel TN-TFT LCD. 

3. AMOLED 

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi layar yang dikembangkan oleh Samsung dan pertama kali dipakai pada ponsel Nokia C6-01 dan Nokia 85. Saat ini AMOLED digunakan oleh smartphone kelas menengah ke atas. 

AMOLED sendiri merupakan ide Samsung yang menggabungkan teknologi OLED dengan TFT (Thin Film Transistor) sehingga membuat AMOLED mampu menghasilkan warna yang jelas, konsumsi daya yang lebih irit dan kecerahan yang lebih tinggi. 

4. Super AMOLED

Versi upgrade dari AMOLED ini menyatukan lapisan layar sentuhnya dengan panel layar untuk tingkat presisi touchscreen yang lebih baik. Awalnya sering digunakan untuk ponsel flagship namun kini sudah banyak digunakan pada ponsel kelas menengah. 

Perbaikan dari AMOLED dasar ini memiliki tampilan yara paling tipis, ringan, dan menghasilkan kontras warna yang hebat dengan warna yang hidup. Dahulu pembuatan smartphone dengan layar Super AMOLED lebih mahal dibandingkan layar IPS LCD karena proses produksinya yang lebih mahal. Namun saat ini karena sudah banyak tipe AMOLED yang lebih baik, Super AMOLED sudah jarang digunakan pada ponsel flagship. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Layar AMOLED, Mulai 1 Jutaan!

5. Dynamic AMOLED 

Seri Samsung Galaxy S dan beberapa ponsel kelas menengah dari Samsung menggunakan panel Super AMOLED. Namun sejak seri Samsung Galaxy S10, Samsung menggunakan panel Dynamic AMOLED untuk layarnya. 

Menghadirkan layar dengan punch hole yang memiliki fitur seperti Super AMOLED namun memiliki beberapa peningkatan tampilan seperti kontras dan reproduksi warna yang lebih baik. Sudah mendukung HDR10+ dengan gamut warna yang mencapai tingkatan 100% dari ruang warna DCI-P3. 

6. Retina Display 

Mendengar nama layar Retina sudah pasti akan mengarah ke iPhone. Karena smartphone flagship terbaru dari Apple ini sudah menggunakan panel Retina Display untuk layarnya. Umumnya Appple menggunakan tipe layar HP IPS dan OLED yang kualitas layarnya lebih baik dibandingkan layar IPS dan OLED pada Android. 

Apple menggunakan teknologi layar Retina Display untuk iPhone yang diklaim mampu menghadirkan kerapatan piksel yang tergolong tinggi sehingga pengguna tidak akan melihat piksel terpisah pada layar iPhone. Gambar yang dihasilkan juga tajam dan jernih, sayangnya konsumsi daya yang dibutuhkan cukup tinggi. Namun Retina Display telah dikembangkan lebih lanjut dengan dukungan terbaru seperti Super Retina XDR OLED yang digunakan pada iPhone 12 Pro Max. 

Baca juga: Cara Mengatasi Layar iPhone Macet dan Penyebabnya

Penutup

Itulah tipe layar HP yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda pecinta layar AMOLED, silahkan membeli smartphone yang menggunakan layar AMOLED dan turunannya. Berlaku juga untuk layar IPS LCD. Nah, jika Anda ingin membeli smartphone dari merk Samsung, Xiaomi, hingga Apple, maka Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

×