Jarak Aman Meletakkan HP saat Tidur

Apakah Anda selalu mengecek handphone saat akan tidur? Alhasil, Anda sering bermain handphone hingga tertidur. Penggunaan handphone seperti ini bisa membahayakan kesehatan kita. Anda tentu sudah banyak mendengar bahwa penggunaan layar sinar biru sebelum terlelap bisa merusak tidur Anda.

Selain itu, menaruh atau menyimpan handphone Anda di bawah bantal atau dengan jarak yang terlalu dekat saat tidur bisa memberikan efek berbahaya pada kesehatan.

Dilansir dari laman Times of India, handphone bisa memancarkan radiasi berbahaya yang bisa merusak otak dan Anda bisa mengalami sakit kepala, nyeri otot, dan masalah kesehatan lainnya. Sinyal dengan transmisi sekitar 900 MHz memiliki dampak merusak pada fungsi dari sistem tubuh Anda.

Di samping itu, beberapa studi juga mengatakan bahwa radiasi handphone memiliki keterkaitan dengan risiko disfungsi ereksi. Radiasi ini juga bisa memengaruhi sistem reproduksi Anda dan bisa menurunkan jumlah sperma dan kecepatannya.

Sinar biru yang terpancar dari handphone Anda juga menghambat produksi hormon pendorong tidur, yang juga disebut sebagai melatonin. Hal ini dapat mengganggu pada ritme sirkadian (jam tubuh) dan kemungkinan akan memicu kesulitan tidur. Ini dikarenakan sinar biru memancarkan panjang gelombang yang mirip dengan siang hari dan membuat indera kita berpikir bahwa itu masih siang.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp