Update iOS 15: Fitur-Fitur Baru yang Akan Kamu Dapatkan

ios 15

Doran GadgetiOS 15 yang ditunggu-tunggu akhirnya datang! Pada 9 Juni 2021 lalu, Apple secara resmi mengumumkan update iOS terbaru pada musim gugur di penghujung tahun nanti. Kemungkinan rilis iOS yang baru ini akan dilakukan secara bersamaan dengan iPhone 13.

Seperti biasa, Apple selalu menghadirkan fitur-fitur peningkatan baru pada update sistem operasinya ini. Setelah membuat gebrakan dengan solusi membuka kunci iPhone saat mengenakan masker, para pengguna Apple tentunya telah menantikan fitur apa saja yang akan dihadirkan kali ini.

Nah, Doran Gadget akan mengajak kamu membedah satu per satu fitur canggih terbaru pada iOS 15 dalam artikel ini. Baca terus sampai habis ya!

Fitur-Fitur Baru Nan Canggih di iOS 15

Ini dia sederet fitur keren yang akan kamu dapatkan di update iOS yang paling baru!

1. FaceTime dengan pengguna Android dan Windows

ios terbaru

Dulunya, FaceTime adalah aplikasi eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna produk Apple saja. Namun dengan datangnya iOS yang baru ini, kamu bisa FaceTime dengan pengguna Android dan Windows juga lho!

Kamu yang menggunakan Mac, iPhone, atau iPad akan melihat tombol khusus untuk tautan video FaceTime yang bisa kamu bagikan pada pengguna perangkat non-Apple. Kemudian kamu bisa memilih untuk memberikan izin atau menolak orang-orang yang akan bergabung ke FaceTime.

2. Buka kunci dengan Apple Wallet

ios 15

Peningkatan yang sangat canggih dilakukan pada aplikasi Wallet. Dalam hal ini, Apple sedang mempersiapkan kehidupan pasca pandemi nanti, dimana segala hal banyak dilakukan secara digital tanpa adanya sentuhan fisik.

Kamu akan bisa membuka kunci dengan Apple Wallet. Mulai dari kunci rumah, kunci hotel, hingga kunci mobil merek tertentu. Vice President Apple Pay Jennifer Bailey mengatakan fitur membuka kunci mobil dengan Wallet ini akan siap di akhir tahun 2021.

3. Lebih produktif bersama “Fokus”

ios 15

Pandemi yang berlangsung lebih dari satu tahun membawa banyak perubahan pada aktivitas pekerjaan, salah satunya adalah bekerja dari rumah yang dilakukan di hampir seluruh dunia. Akibatnya, potensi gangguan semakin besar.

Untuk itulah Apple menghadirkan fitur “Fokus” yang akan membantu meningkatkan produktivitas ketika bekerja dari rumah. Kamu bisa mematikan dan mengaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu agar kamu tidak terganggu ketika bekerja. Kamu tinggal setel iPhone menjadi mode “kerja”, hingga mengirimkan balasan otomatis seperti “jangan ganggu” ke semua pesan yang masuk.

4. Identifikasi hewan, benda, dan tanaman melalui “Foto”

ios terbaru

Menu “Foto” kini bukan sekedar galeri untuk menyimpan gambar saja. Di update iOS 15 ini, iPhone-mu akan bisa mendeteksi dan memberikan informasi lebih tentang hewan, bangunan, tanaman, dan benda-benda seperti buku.

Kamu tinggal sentuh saja ikon kecil yang muncul di dalam galeri untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai objek tertentu. Fitur ini mirip dengan Google Lens yang ada di perangkat Android.

5. Apple Maps membuat bepergian jadi lebih mudah

update ios

Perubahan besar juga dilakukan pada Apple Maps. Setelah mengalami full redesign pada akhir tahun lalu, Maps kembali dengan update yang lebih canggih. Seperti mode mengemudi yang lengkap dengan tanda lajur, penyeberangan, dan rambu-rambu lainnya.

Ada juga model 3D yang keren, yang menunjukkan elevasi dan tempat-tempat menarik di kota-kota besar. Fitur ini baru akan bisa dicoba di San Fransisco, Philadelphia, New York, London, Washington, dan Los Angeles sebelum akhirnya dikembangkan ke kota-kota lain.

6. Pencarian Safari menggunakan suara

Safari juga tidak ketinggalan update nih. Baik itu di iPhone, iPad, atau Mac, Safari kebagian redesign pada tatap mukanya, dimana kolom pencarian Safari pada iPhone dipindah ke bagian bawah, juga memungkinkan kamu untuk mengelompokkan tab-tab tertentu seperti yang kamu inginkan. Hebatnya lagi, kamu bisa membukanya di semua perangkat Apple lain yang juga kamu gunakan.

Fitur unggulan baru lainnya adalah pencarian menggunakan suara, dimana kamu tinggal menyentuh tombol mikrofon dan mengucapkan apa yang ingin kamu cari.

7. Peningkatan privasi pengguna

update ios

Mulai beberapa waktu lalu, Apple selalu membuat gebrakan-gebrakan baru untuk melindungi kerahasiaan data para penggunanya. Kembali dengan iOS terbaru ini, Apple menyediakan informasi tentang bagaimana aplikasi yang kamu pasang menggunakan iPhone kamu.

Kamu akan mendapatkan laporan privasi yang berisi seberapa sering sebuah aplikasi mengakses mikrofon, lokasi, foto, dan kamera selama 7 hari terakhir. Kamu juga tahu server mana saja yang dihubungi oleh aplikasi, sehingga kamu akan melihat jika sebuah aplikasi mengirim data ke berbagai tempat atau perusahaan.

Di tengah ramainya kasus kebocoran data, fitur yang satu ini membuat para pengguna Apple merasa lebih aman.

Sudah Siap Menyambut iOS baru?

iOS terbaru segera datang, sudah siap untuk menyambutnya belum nih? Buat kamu yang penasaran, iOS 15 bisa didapatkan oleh iPhone generasi 6S hingga iPhone 12, serta iPhone SE generasi pertama dan kedua. Selain pada iPhone, update iOS terkini juga didapatkan oleh iPod Touch generasi ketujuh.

Buat kamu yang ingin merasakan kecanggihan sistem operasi terbaru Apple ini, kamu bisa memiliki iPhone di harga Rp 2 jutaan dan Rp 3 jutaan untuk seri 6S lho. Tapi kapan ya tepatnya iOS baru ini akan rilis? Simak terus infonya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!