Bocoran Samsung Galaxy Z Flip 6

Doran Gadget – Bersamaan dengan bocoran Galaxy Z Fold6 yang muncul ke permukaan, bocoran  juga tersebar luas. Meskipun masih bocoran, namun tampaknya kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan versi aslinya yang dikabarkan akan meluncur pada 10 Juli nanti berbarengan dengan rilisnya Galaxy Unpackaged. Kira-kira apa yang baru di model terbaru kali ini? Yuk simak selengkapnya! 

Desain 

bocoran samsung galaxy Z flip 6
sc: udaipurkiran

Samsung Galaxy Z Flip 6 diperkirakan akan sangat mirip dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 5. Mungkin ada sedikit perubahan dalam dimensi fisik, tetapi secara keseluruhan, desainnya diperkirakan sebagian besar tidak berubah. Namun, ada bocoran dari Samsung Display yang menunjukkan bahan baru bernama “Ironflex” bisa digunakan dalam desain. Menurut pengajuan paten dengan Kantor Kekayaan Intelektual Korea (KIPO) oleh Samsung Display, istilah “Ironflex” mungkin akan diperkenalkan pada Z Flip 6, kemungkinan merujuk pada layar lipat yang lebih tahan lama.

Satu area peningkatan yang dilaporkan Samsung adalah ketahanan debu. Meskipun belum ada konfirmasi, Galaxy Z Flip 6 mungkin menawarkan ketahanan debu yang lebih baik daripada model sebelumnya. Beberapa sumber, termasuk Ross Young dan Evan Blass, telah menyarankan berbagai pilihan warna untuk Galaxy Z Flip 6. Beberapa warna inti seperti hitam dan putih, mungkin hanya tersedia secara eksklusif dari toko online Samsung. Beberapa warnanya adalah:

  • Hijau Muda
  • Biru Muda
  • Perak
  • Kuning
  • Putih
  • Hitam
  • Peach

Render resolusi tinggi yang bocor dan video 360 derajat dari SmartPrix menunjukkan bahwa Galaxy Z Flip 6 akan memiliki penampilan yang mirip dengan Z Flip 5 tetapi dengan ketebalan yang meningkat, yang berpotensi menunjukkan baterai yang lebih besar. Namun, masih belum pasti apakah layar penutup akan lebih besar. Bocoran lain menunjukkan bahwa Galaxy Z Flip 6 mungkina akan memiliki Corning Gorilla Armor yang sama dengan Galaxy S24 Ultra, memberikan perlindungan goresan dan silau yang lebih baik.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Juli 2024, Banyak HP Baru!

Layar 

sc: TechRadar

Samsung Galaxy Z Flip 6 dikabarkan akan memiliki layar cover yang lebih besar dibandingkan pendahulunya. Layar cover ini diperkirakan akan berukuran 3.9 inci, lebih besar dibanding Galaxy Z Flip 5 yang berukuran 3.4 inci. Selain ukuran yang lebih besar, layar cover Galaxy Z Flip 6 mungkin juga akan diupgrade menjadi refresh rate 120Hz, dibanding pendahulunya yang hanya 60Hz. Namun, peningkatan refresh rate ini masih dalam tahap pengembangan dan mungkin saja tidak hadir pada Galaxy Z Flip 6.

Untuk layar utama, Galaxy Z Flip 6 diperkirakan akan tetap berukuran 6.7 inci saat dibuka. Namun, Samsung dilaporkan akan menggunakan lapisan kaca yang lebih tebal untuk layar utama ini. Penggunaan lapisan kaca yang lebih tebal diharapkan dapat membuat layar menjadi lebih kuat dan mengurangi lipatan yang terlihat pada layar.

Render bocoran menunjukkan bahwa Z Flip 6 akan sedikit lebih tebal daripada Z Flip 5, yang dapat mengindikasikan peningkatan kapasitas baterai. Dimensi Z Flip 6 diperkirakan akan sekitar 165.0 x 71.7 x 7.4 mm, dibandingkan dengan 165.1 x 71.9 x 6.9 mm pada Z Flip 5.

Kamera 

sc: CNET

Laporan terbaru dari SmartPrix mengungkapkan bahwa Samsung sedang mengerjakan prototipe Z Flip 6 dengan nama kode B6, yang dilengkapi dengan sensor kamera utama 50MP. Bukti paling meyakinkan datang dari dokumen regulasi yang menunjukkan adanya kamera utama 50MP untuk Flip 6, menguatkan rumor sebelumnya. Jika benar, ini akan menjadi peningkatan besar untuk seri Flip, yang telah menggunakan sensor 12MP sejak model pertama diluncurkan pada tahun 2020.

Selain kamera utama yang baru, Z Flip 6 diharapkan tetap memiliki pengaturan kamera ganda seperti pendahulunya. Meski tidak banyak bocoran mengenai peningkatan kamera kedua, rumor menunjukkan bahwa kamera selfie akan tetap beresolusi 10MP. Dengan sensor utama 50MP, Z Flip 6 siap menghadirkan pengalaman fotografi yang jauh lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Baca juga: Ini Bocoran Samsung Galaxy Z Fold6, Rilis Juli 2024?

Software

bocoran samsung galaxy Z flip 6 (2)
sc: CNET

Samsung biasanya memperbarui ponsel lipatnya dengan prosesor terbaru yang sesuai dengan flagship Galaxy S. Diharapkan Galaxy Z Flip 6 akan menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm. Namun, bocoran dari SamMobile menunjukkan bahwa mungkin ada dua varian Z Flip 6: satu dengan Snapdragon 8 Gen 3 dan satu lagi dengan Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih lama. Jika benar, mungkin Samsung sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan versi yang lebih murah dari Z Flip 6.

Z Flip 6 diharapkan hadir dengan opsi penyimpanan 256GB dan 512GB, serta RAM 8GB. Ada juga kemungkinan adanya varian dengan RAM 12GB, meskipun mungkin terbatas pada wilayah tertentu. Dukungan Galaxy AI, Android 14, dan fitur lipat seperti mode Flex juga diharapkan ada pada perangkat ini, menjadikan Z Flip 6 sebagai peningkatan yang signifikan dari pendahulunya.

Baterai

Kapasitas baterai juga mengalami peningkatan. Blog Galaxy Club melaporkan bahwa Z Flip 6 mungkin akan memiliki baterai 4.000 mAh, sedikit lebih besar dari baterai 3.700 mAh pada Z Flip 5. Peningkatan ini dapat memberikan masa pakai baterai yang lebih lama atau mendukung fitur yang memakan daya lebih banyak seperti pelacakan lokasi atau AI generatif di perangkat.

Harga Galaxy Z Flip 6

sc: The Guardian

Bocoran terbaru mengindikasikan bahwa harga Galaxy Z Flip 6 bisa naik sekitar €100 dibanding model sebelumnya. Meskipun sumber bocoran ini tidak terlalu dapat diandalkan, informasi tersebut tetap patut diperhatikan. Galaxy Z Flip 5 mulai dari $999, dan ada kemungkinan Galaxy Z Flip 6 dengan kapasitas 256GB akan dijual seharga $1.099, sementara model 512GB bisa mencapai $1.219. 

Baca juga: 10 Rekomendasi dan Harga HP Samsung Terbaru 2024

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai bocoran Samsung Galaxy Z Flip 6 yang wajib Anda ketahui. Sembari menunggu rilis resminya, Anda bisa mendapatkan berbagai aksesoris smartphone terbaik dari JETE yang bisa dibeli di seluruh store Doran Gadget, aplikasi Doran Gadget, hingga website Doran Gadget. Semua produk JETE mendapatkan garansi resmi rusak ganti baru selama 2 tahun!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>