Huawei Watch GT4 vs Samsung Galaxy Watch 6 - FI

Doran GadgetPerbandingan Huawei Watch GT 4 vs Samsung Galaxy Watch 6 cukup ramai dibicarakan. Terutama sejak peluncuran smartwatch terbaru Huawei di bulan September 2023. Seperti apa keunggulan masing-masing dan fitur yang dimiliki untuk olahraga dan kesehatan hingga aktivitas sehari-hari? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi Huawei Watch GT 4 vs Samsung Galaxy Watch 6

Berikut spesifikasi antara Huawei Watch GT 4 vs Samsung Galaxy Watch 6 secara umum yang perlu Anda ketahui:

Spesifikasi Huawei Watch GT4 Samsung Galaxy Watch 6
Tanggal Rilis 14 September 2023 11 Agustus 2023
Dimensi 46 x 46 x 10.9 mm 42.8 x 44.4 x 9 mm
Layar 1.43 inch AMOLED 1.5 inch Super AMOLED
Resolusi Layar 466 x 466 pixels 480 x 480 pixels
Proteksi Layar 3D curved glass Sapphire crystal
Tombol Rotating crown Touch bezel
Material Case Stainless steel Armor aluminium
CPU ARM-Cortex-M Exynos W930 Dual core 1.4Ghz
Penyimpanan 2 GB
RAM 16 GB
Sistem Operasi Harmony OS 4.0 Wear OS4/ONE UI 5
Bluetooth 5.2 v 5.3 v
NFC Ya Ya
Baterai 425 mAh
Pengisian Daya Wireless 9W wireless (Qi)

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

Fitur dan Keunggulan

Bagaimana dengan fitur dan keunggulan kedua smartwatch ini? Tentu, masing-masing memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Mulai dari segi desain, layar, hingga fitur unggulan. Sebagaimana dilansir dari laman Wareable dan sumber lainnya, berikut di antaranya yang perlu diketahui.

1. Desain dan Layar

sc: Gsmarena

Pertama bisa dilihat dari segi desainnya. Dimana Samsung Galaxy Watch 6 terbuat dari material aluminum alloy dengan case berbahan sapphire crystal glass. Hal itu membuatnya daya sentuhnya lebih sensitif. Ketangguhannya semakin unggul berkat dukungan ketahanan standar militer 810H dan sertifikasi IP68 dan ketahanan air hingga 5 ATM.

Sementara, Huawei Watch GT4 menggunakan material stainless steel untuk casenya dan perlindungan layar 3D Curved Glass. Untuk navigasinya mengandalkan kenop yang bisa diputar dan berbahan baja yang memiliki ketahanan air sampai dengan 5ATM. Hal itu membuatnya sedikit lebih besar, tebal, dan berat dibandingkan Galaxy Watch 6.

Kemudian dari segi layarnya, Huawei Watch GT4 menggunakan tipe AMOLED always-on berukuran 1.43 inci. Adapun resolusinya sebesar 466×466 pixel. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Watch 6 menawarkan layar lebih besar 1.5 inci dengan tipe Super AMOLED always-on.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Watch 6 Series dan Harganya!

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

sc: Tech Advisor

Keunggulan selanjutnya dari kedua jam tangan ini adalah fitur kesehatan dan olahraga. Adapun klebihan dari Watch GT4 adalah fitur sensor yang menjadikan pemantauan detak jantung lebih akurat. Termasuk dukungan GPS Dual-band yang dimilikinya.

Begitu pula dengan sensor yang mengandalkan temperatur pada kulit. Namun, ada beberapa fitur kesehatan yang tidak disematkan. Seperti HRV dan pembacaan ECG. Meski begitu, untuk mode olahraganya sudah lumayan baik.

Beda halnya dengan Samsung Galaxy Watch 6 yang sudah dilengkapi dengan fitur ECG, pemantau tekanan darah hingga sensor BIA untuk melihat kondisi tubuh. Oleh karena itu, jam tangan ini lebih inovatif. Di samping itu, juga ada pemantau detak jantung SpO2 hingga pemantau tidur. Fitur dan mode olahraganya juga tidak kalah lengkap.

3. Huawei Watch GT4 vs Samsung Galaxy Watch 6 – Baterai

sc: PC Mag

Beralih ke ketahanan baterai antara Huawei Watch GT 4 vs Samsung Galaxy Watch 6.  Di sini memang terlihat perbedaan yang cukup mencolok. Khususnya untuk penggunaan pada mode sehari-hari. Samsung Galaxy Watch 6 memiliki ketahanan baterai mulai dari 2.5 hari sampai dengan 3 hari.

Di sisi lain, Huawei Watch GT4 menawarkan pengalaman lebih baik dengan ketahanan baterai yang lebih lama. Bahkan mampu hingga 12.5 hari dengan semua fitur kesehatan aktif. Dengan kata lain, dalam hal perbandingan ketahanan baterai, jam tangan Huawei memang lebih unggul.

Meski begitu, sebagai catatan Anda ketahanan baterai tersebut dapat berubah-ubah. Dimana ini bergantung pada sebanyak apa fitur yang diaktifkan. Sebab, semakin banyak yang diaktifkan dalam waktu yang bersamaan, maka hal tersebut akan membuat baterai akan bekerja lebih. Sehingga berdampak pada ketahanan baterai.

Baca juga: Review Huawei Watch GT4, Apa yang Baru?

4. Fitur Pendukung dan Ekosistem

Review Samsung Galaxy Watch 6
sc: Wareable

Fitur pendukung lainnya juga penting untuk disimak. Samsung Galaxy Watch 6 menawarkan pengalaman penggunaan lebih smooth berkat dukungan chipset Exynos W930. Ditambah lagi dengan RAM 2GB dan penyimpanan 15GB. Jam tangan ini juga bisa beroperasi pada perangkat dengan WearOS 4 dan One UI5 maupun di atasnya. Inilah yang membuatnya cocok bagi pengguna Android karena dukungan akses lebih luas ke PlayStore.

Di sisi lain, Huawei Watch GT4 dapat digunakan pada perangkat dengan HarmonyOS versi 4. Sayangnya, penggunaannya tidaklah seluas milik Samsung. Dengan kata lain penggunaan sistem operasi pada smartwatch Huawei sedikit lebih terbatas untuk aplikasi umum.

Penting dicatat bahwa Samsung Galaxy Watch 6 tidak kompatibel bagi para pengguna iOS. Sedangkan Huawei GT4 masih bisa digunakan, hanya saja dengan fungsionalitas yang sangat terbatas.

5. Harga yang Dipasarkan

sc: Unbox

Terakhir adalah dari segi harga yang dipasarkan. Di Indonesia sendiri, harga Samsung Galaxy Watch 6 dipasarkan berbeda tergantung pada ukuran dan tipenya. Yakni sebagai berikut:

  • Galaxy Watch 6 40mm: Rp3.9 jutaan
  • Galaxy Watch 6 44 mm: Rp4.4 jutaan
  • Galaxy Watch 6 Classic 43 mm: Rp5.4 jutaan
  • Galaxy Watch 6 Classic 47 mm: Rp5.9 jutaan

Sementara itu, harga Huawei Watch GT4 yang dijual di tanah air juga memiliki harga berbeda tergantung versi dan tipenya pula. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Huawei Watch GT 4 41 mm (White): Rp3.5 jutaan
  • Huawei Watch GT 4 41 mm (Silver): Rp5.4 jutaan
  • Huawei Watch GT 4 46 mm (Black): Rp3.4 jutaan
  • Huawei Watch GT 4 46 mm (Brown & Green): Rp3.5 jutaan
  • Huawei Watch GT 4 46 mm (Grey): Rp5.4 jutaan

Baca juga: Cara Menghubungkan Samsung Galaxy Watch ke HP Samsung

Mana yang Cocok untuk Anda?

Review Huawei Watch GT4
sc: What Gear

Lantas, mana yang cocok untuk Anda antara Huawei Watch GT4 vs Samsung Galaxy Watch 6? Dalam memililhnya, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan yang mendukung aktivitas. Galaxy Watch 6 disarankan bagi Anda yang mempertimbangkan dari segi fitur unggulan. Seperti pemantau kesehatan hingga hingga ketahanannya. Termasuk integrasi dengan aplikasi kesehatan dari pihak ketiga.

Akan tetapi, jika mempertimbangkan dari ketahanan baterai dan harga yang lebih rendah, maka Huawei Watch GT 4 adalah pilihan yang tepat. Hanya saja, untuk pilihan ekosistemnya sedikit terbatas karena sistem operasinya yang menggunakan HarmonyOS yang cukup eksklusif.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch untuk Berbagai Jenis Olahraga

Penutup

Huawei Watch GT4 vs Samsung Galaxy Watch 6
sc: Tech Pulse

Selain sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget yang menjadi authorized partner Huawei Indonesia dan Samsung Indonesia. Dapatkan produk terbaik dari kedua brand di Doran Gadget Surabaya, Doran Gadget Jakarta, Doran Gadget Semarang, Doran Gadget Bali, Doran Gadget Manado, Doran Gadget Banjarmasin, dan Doran Gadget Bandung.

Semua produk yang kami jual merupakan produk asli dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik di waktu tertentu. Terutama untuk pembelian di website dan aplikasi Doran Gadget. Anda bisa kumpulkan poin sebanyak mungkin untuk ditukarkan dengan aksesoris gadget terbaik.

Informasi lebih lanjut mengenai produk bisa hubungi admin kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>