Google Rilis Perangkat Kunci Keamanan USB-C Titan

Google merilis dua kunci keamanan Titan pertamanya Agustus tahun lalu yang dapat digunakan sebagai metode autentikasi dua faktor yang sangat aman untuk beberapa layanan online melalui USB-A, NFC, atau Bluetooth. Google menyebut akan menambahkan kunci keamanan USB-C baru ke lineup yang akan tersedia dalam waktu dekat di Google Store seharga $ 40 atau setara Rp 560 ribu.

Kunci keamanan USB-C tampaknya memiliki fungsi yang mirip dengan kunci keamanan USB-A Google dan tombol Bluetooth yang semuanya dibangun dengan standar FIDO. Seorang juru bicara mengkonfirmasi kepada The Verge bahwa model USB-C tidak memiliki kemampuan NFC yang dimiliki oleh dua kunci lainnya. Namun, ini mungkin tidak terlalu merugi karena Anda akan lebih mudah memasang kunci USB-C langsung ke ponsel dan komputer terkini tanpa menggunakan adaptor USB yang canggung atau harus mengandalkan Bluetooth.

Kunci USB-C Google yang baru kompatibel dengan perangkat Android, Chrome OS, macOS, dan Windows, menurut perusahaan. (Hanya kunci Bluetooth yang bekerja dengan iOS, dan itu memerlukan pemasangan aplikasi Smart Lock Google). Seperti kunci sebelumnya, Google mengatakan firmware kunci USB-C secara permanen disegel ke dalam chip perangkat keras elemen aman, membuat kunci lebih tahan terhadap serangan fisik.

Google mengatakan pihaknya bermitra dengan pembuat kunci keamanan Yubico untuk memproduksi kunci USB-C yang baru, dan itu menunjukkan: Kunci Google sangat mirip dengan Yubico YubiKey 5C Yubico. Kedua kunci sangat mirip, tetapi kunci Yubico mendukung beberapa protokol lebih banyak daripada kunci Google Titan, seperti WebAuthn, sehingga mereka mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk beberapa, tergantung pada apa yang Anda butuhkan.

Dua kunci keamanan Titan Google lainnya sebelumnya hanya tersedia sebagai paket $ 50 (Rp 700 ribuan), tetapi Google mengatakan Anda akan dapat membelinya secara individual mulai saat ini. Kunci USB-A / NFC akan berharga $ 25 (Rp 350 ribuan), sedangkan kunci Bluetooth yang juga dapat dicolokkan melalui Micro USB akan berharga $ 35 (Rp 495 ribuan).

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp