Fitur Kamera Vlog yang Sangat Membantu Saat Membuat Konten

kamera vlog terbaik dji pocket 2 gopro hero 9

Dorangadget.com Saat ini hampir setiap orang memiliki kamera yang cukup bagus di smartphone mereka. Tetapi jika Anda ingin membuat channel Youtube. Anda harus berinvestasi pada kamera vlog yang tepat. Karena Anda harus memiliki kualitas video dan audio yang lebih bagus dari mereka agar lebih menonjol.

Bagaimana Anda tahu kamera mana yang harus dipilih untuk membantu membuat video terlihat lebih bagus? Sebelum memilih, Anda harus tahu fitur apa saja yang seharusnya ada. Berikut fitur kamera vlog yang seharusnya ada di kamera:

Fitur Kamera Vlog yang Harus Anda Perhatikan:

  • Kualitas Video: Perhatikan resolusi video. Anda akan melihat 720p, 1080p, dan 4K di sebagian besar deskripsi untuk merekam Mereka hampir sama dengan HD ready, Full HD, dan Ultra HD masing-masing sedikit lebih baik dari yang terakhir.  
  • Wi-Fi Bawaan: Pengeditan video saja dapat memakan sedikit waktu. Menemukan kamera dengan WiFi built-in dapat menghemat langkah Anda. Karena video Anda dapat secara otomatis muncul di smartphone atau PC. Jika tidak, Anda harus menghubungkan kabel USB dan menunggu file ditransfer.
  • Input Mikrofon: Kualitas video mungkin membuat penonton Anda nyaman menonton, tetapi suara yang bagus akan membuat mereka tetap di tempatnya. Tidak ada kamera di luar sana tanpa mikrofon internal. Tetapi untuk kualitas suara yang lebih baik lagi, pilih kamera yang memungkinkan.
  • Stabilisasi: Beberapa vlogger hanya duduk di kamar mereka dan berbicara dengan kamera. Tetapi jika Anda ingin merekam video lebih dari itu, Anda pasti ingin mencari kamera yang memiliki stabilisasi gambar optik built-in. Ini akan membantu memastikan bahwa video Anda keluar dengan lancar apapun aktivitas yang Anda lakukan. Anda juga sebaiknya membeli tripod jika kamera yang Anda pilih tidak dilengkapi dengan tripod.

kamera vlog terbaik dji pocket 2 gopro hero 9

Fitur yang Tidak Perlu Anda Pedulikan: 

  • Zoom: Anda sebenarnya tidak membutuhkan kamera dengan zoom yang sempurna kecuali Anda adalah seorang travel blogger. Zoom hanyalah salah satu hal yang menyenangkan untuk fotografi, tetapi untuk video Anda mungkin hanya akan mengambil gambar diri Anda sendiri. 
  • Flash: Untuk mendapatkan video dengan kualitas terbaik, Anda pasti ingin merekam di lingkungan yang cukup terang. Beberapa kamera memang memiliki penglihatan malam, tetapi seberapa sering Anda benar-benar membutuhkannya? 
  • Megapiksel: Jika Anda tidak terlalu khawatir tentang pengambilan foto, Megapiksel tidak terlalu penting. 

Sekarang setelah Anda mengetahui fitur mana yang harus diperhatikan, dan mana yang tidak terlalu penting. Terdapat beberapa kamera untuk vlog yang bisa menjadi pilihan.

Kamera Vlog GoPro Hero 9

kamera vlog terbaik dji pocket 2 gopro hero 9

Kamera buat vlog GoPro Hero 9 memiliki bentuk yang cukup simpel yang membuatnya bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Kamera kecil untuk vlog ini memiliki resolusi 5K dan sebuah kamera LCD kecil di depan sebagai preview untuk mengatur komposisi. Harga kamera vlog GoPro Hero 9 ini Rp 8 Jutaan.

Baca: Review GoPro Hero 9 – Action Cam Dual Screen

Kamera Untuk Vlog DJI Pocket 2

kamera vlog terbaik dji pocket 2 gopro hero 9

Rekomendasi kamera untuk Vlog kedua dari DJI, yaitu DJI Pocket 2. Kamera Handheld ini memiliki resolusi video 4K, 4 mikrofon yang sudah terpasang, daya tahan baterai 140 menit untuk long shot dan masih banyak lagi lainnya. Harga kamera untuk Youtuber DJI Pocket 2 ini Rp 5 jutaan saja.

Baca: 5 Kelebihan Menggunakan DJI Pocket 2 Dibanding Kamera Mirrorless dan DSLR

Penutup

Saat ini semua orang bisa membuat konten karena sudah tersedia platform untuk menampung dan sudah semakin terjangkaunya alat yang dibutuhkan, yakni kamera. Dalam pemilihan kamera untuk vlog, banyak yang masih terpatok pada megapiksel, namun itu tidak sepenuhnya salah, karena saat membuat video yang lebih dibutuhkan adalah resolusi. Namun kedua kamera diatas sudah bisa menjadi rekomendasi kamera Vlog terbaik.