Cara FYP di TikTok_ Ikuti 10 Langkah Ini!

Doran GadgetMasuk FYP di TikTok adalah harapan bagi sebagian besar content creator. Sebab, dengan masuk di jajaran konten tersebut maka potensi dikenal luas dan viral. Namun untuk mencapai itu semua tentu ada sejumlah hal yang wajib dilakukan. Apa saja? Simak cara FYP di TikTok yang sudah dirangkum tim Doran Gadget.

Bagaimana Cara FYP Di TikTok?

cara FYP di tiktok
sc: Screen Rant

Berikut langkah-langkah dan cara yang bisa Anda lakukan agar konten yang dibuat masuk dalam FYP dan viral:

1. Konten Harus yang Berkualitas

Langkah awal yang harus dilakukan untuk masuk FYP TikTok adalah dengan membuat konten berkualitas. Sebagian orang beranggapan jika semakin banyak membuat konten, maka semakin baik. Anggapan seperti ini tidaklah sepenuhnya benar. Justru konten yang berkualitaslah memiliki potensi tinggi di FYP.

Konten berkualitas ini berisikan tren terkini. Selain itu, proses produksi juga perlu diperhatikan. Misalnya pencahayaan yang seimbang, kualitas audio yang jelas, dan editing yang tepat. Penting juga untuk diingat hindarilah membuat konten yang kontroversial dan menyinggung unsur SARA, ya!

2. Perhatikan Jam Prime Time

Selanjutnya, memposting konten di TikTok memiliki jam-jam ramai tersendiri. Ini dikenal pula dengan istilah prime time. Artinya adalah, di waktu tersebut banyak audiens yang sedang membuka TikTok. Banyak juga influencer Indonesia yang merekomendasikan untuk upload TikTok di jam-jam berikut ini:

  • Senin: 12.00 WIB, 13.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Selasa: 15.00 WIB, 16.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Rabu:11.00 WIB, 12.00 WIB, 20.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Kamis: 12.00 WIB, 16.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Jumat: 11.00 WIB, 12.00 WIB, 19.00 WIB, dan 22.00 WIB
  • Sabtu: 09.00 WIB, 11.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Minggu: 07.00 WIB, 11.00 WIB, 16.00 WIB, dan 21.00 WIB

Walaupun tidak ada patokan yang baku, namun waktu-waktu tersebut adalah yang sering dipakai oleh Influencer. Di sisi lain, jenis konten juga berpengaruh pada jam prime time.

Baca juga: Kapan Jadwal FYP TikTok 2024? Content Creator Harus Tahu!

sc: diajartekno

3. Gunakan Caption dan Hashtag

Cara FYP di TikTok bisa pula dilakukan dengan memasukkan caption yang menarik. Tulislah dengan kalimat yang relevan dengan isi video yang akan diunggah. Buatlah dengan kalimat ajakan atau yang mengandung penasaran dan volume keyword besar. Bisa juga dengan kalimat-kalimat pertanyaan.

Selain itu, tambahkan tagar atau hashtag pendukung. Meski begitu, jangan gunakan hanya satu tagar saja. Idealnya, gunakan 3-5 tagar untuk membantu pencarian. Di samping sesuai tema, sebaiknya gunakan hashtag potensial seperti #foryoupage, #FYP, #foryou.

4. Pakai Musik Latar yang Trending

Konten video tanpa ada musik latar (backsong) akan terasa hambar dan kurang menarik. Oleh karena itu, efek suara atau musik dapat membuat video lebih hidup. Agar semakin banyak mendatangkan audiens, bisa dengan menggunakan musik latar yang sedang trending di TikTok.

Namun, jangan asal sembarangan memilih musik dan efek suara. Penting untuk Anda memilih musik yang sesuai dengan isi dan tema kontennya. Agar tidak ketinggalan, pastikan Anda untuk selalu up to date dengan musik-musik dan audio terbaru yang lagi viral.

5. Berikan Hook yang Nendang

Kunci utama video FYP di TikTok selain kualitas adalah durasi video. Pada umumnya, durasi videonya memang cenderung pendek. Durasi yang ideal kebanyakan adalah mulai dari 15-60 detik. Maka dari itu, dalam video pendek harus dipikirkan pula aspek penting agar pesan yang disampaikan mengena di benak audiens, seperti:

  • Buatlah hook yang nendang agar orang bisa lebih lama nonton video sampai habis. Terutama 5 detik pertama adalah hal yang krusial.
  • Sampaikan konten atau video dengan smooth. Dalam artian, penyampaian tidak terlalu tergesa-gesa. Maka, aturlah alur cerita dan voice over yang menarik dan jelas.
  • Selalu tanamkan prinsip Less is More. Dengan begitu Anda tidak perlu memasukkan informasi secara berlebihan agar tidak melebar. Jadi, audiens pun lebih fokus.
  • Lakukanlah editing seperlunya dan tidak berlebihan agar terlihat lebih natural.

6. Kolaborasi dengan TikToker Lain

Kolaborasi dengan TikToker lain, tak masalah. Apalagi jika memiliki followers yang banyak, ini akan membantu konten agar cepat masuk di FYP TikTok. Jika tidak, bisa pula dengan mencari yang sebanding dan memiliki minat yang sama. Itu akan lebih efektif karena tema yang dibahas sama saat live.

Selain dapat mendongkrak potensi dan followers, dengan berkolaborasi pun memberikan manfaat lainnya. Yakni memperluas jaringan antar sesama pengguna dan lebih kenal dengan konten kreator lainnya. Sehingga, dapat pula Anda semakin dikenal banyak orang.

Baca juga: Apa Itu TikTok Shop dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

sc: How-To Geek

7. Ikuti Tren Challenge

Berbeda dengan platform media sosial lainnya, TikTok memiliki sejumlah tantangan atau challenge yang cukup populer. Ini akan menjadi peluang jika Anda mengikutinya atau membuat challenge lain yang lebih menarik.

Audiens akan lebih suka dengan konten-konten video challenge tesebut. Semakin Anda membuat konten jenis ini, maka potensi eksposur akan terbuka lebar. Tambahkan pula sentuhan lain yang sesuai dengan persona diri akun yang dibuat.

8. Jangan Lupa Interaksi dengan Followers

Konten FYP tidak hanya sekadar Anda memposting video, mendapatkan like, komen, dan share yang banyak saja. Lebih dari itu, Anda harus selalu melakukan interaksi dengan followers. Dalam hal ini, sebaiknya jangan membiarkan komentar yang masuk. Maka dari itu, balaslah komentar audiens tersebut.

Bila perlu lakukan interaksi lainnya seperti mengadakan live streaming. Jika Anda memiliki brand sendiri, tidak ada salahnya pula memberikan giveaway kepada audiens setia. Dengan begitu, audiens merasa lebih diperhatikan dan dekat dengan Anda sehingga menciptakan pengalaman terbaik.

9. Bangun Branding Diri Anda

Poin penting lainnya agar video TikTok masuk FYP adalah dengan membranding diri sebaik mungkin. Ini adalah strategi yang wajib dimiliki jika ingin menjadi seorang kcontent creator. Tidak masalah jika Anda membuat konten dengan segmen yang sama dengan lainnya.

Akan tetapi, pastikan walaupun sama memiliki ciri khusus yang membedakannya. Misalnya saja gaya penyampaian, ekspresi wawajah, gaya bicara, dan lain sebagainya. Bayangkan jika style Anda sama dengan yang lain, tentu audiens akan cenderung bosan dan meninggalkan konten yang sudah dibuat. Tentu potensi viral akan semakin menjauh.

10. Bagikan ke Media Sosial Lainnya

Terakhir, usahakan jangan hanya membagikan konten di TikTok saja. Anda pun dapat membagikan video yang dibuat tadi ke platform media sosial lainnya. Mulai dari Instagram, Twitter, dan Facebook.

Tujuannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan potensial. Jangan lupa untuk menautkan nama pengguna akun TikTokmu. Dengan semakin banyak audiens yang berinteraksi dan tahu konten Anda melalui platform lain, peluang FYP semakin besar.

Baca juga: 7 Alat Live TikTok dan Instagram, Content Creator Wajib Punya!

Main TikTok Makin Nyaman dengan Perangkat Terbaik

Bagaimana, setelah mengetahui cara FYP di TikTok tersebut tentu Anda akan semangat untuk membuat konten terbaik? Jangan lupa, agar kualitas konten semakin optimal gunakan perangkat yang unggul. Mulai dari perangkat audio, kamera, smartphone, dan aksesoris lainnya yang bisa dibeli di Doran Gadget dengan cara klik di sini. 

Kami menyediakan berbagai perangkat dari brand ternama dunia. Barang yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan berbagai promo dan penawaran terbaik untuk pembelian via website dan aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>