Doran GadgetTepat pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB pemerintah mulai melakukan migrasi siaran TV analog ke siaran digital. Sebagai langkah awal. Pemerintah menjalankan program tersebut di wilayah Jabodetabek. Alhasil, masyarakat yang menggunakan TV analog tidak bisa menonton siaran favorit.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apakah TV Anda sudah digital atau belum, tak ada salahnya simak ulasan mengenai cara cek TV digital dalam artikel kali ini. Apa saja dan bagaimana langkahnya? Yuk, simak Sobat Doran!

Cara Cek TV Digital

Ada empat cara cek TV digital yang dapat Anda lakukan. Bahkan, cara mengeceknya bisa lewat smartphone. Melansir dari laman Kompas Tekno dan sumber lainnya, berikut langkah dan caranya.

1. Periksa Stiker yang Ada di TV

perbedaan smart TV dan android TV (2)

Cara yang pertama adalah dengan melihat stiker pada TV atau layarnya. Biasanya, TV yang memiliki logo tertentu, dapat menikmati layanan siaran digital. Beberapa logo ini di antaranya adalah:

  • ATSC
  • DTV
  • Digital Ready
  • HDTV
  • Digital Tuner
  • Digital Tuner Built-in
  • Integrated Digital Tuner
  • Digital Receiver

Jika TV Anda memiliki salah satu stiker di atas, maka TV tersebut sudah dapat digunakan untuk menonton siaran digital. Perlu diketahui, terkadang penempatan stiker ini berbeda-beda. Setiap merek TV memiliki letak dan salah satu istilah tersebut.

Baca juga:7 Rekomendasi Smart TV 32 inch Terbaik untuk Nonton Siaran Digital

2. Cek Spesifikasi TV Anda Manual

Selanjutnya,  Anda dapat melakukan cara cek TV digital secara manual. Langkah ini dilakukan apabila TV tidak terdapat stiker khusus yang disebutkan di atas, namun bisa menangkap siaran TV digital. Contohnya adalah dengan menanyakan di pihak penjual resmi. Atau cara mudahnya dengan masuk di laman resmi merek TV yang dibeli. Kemudian, cek spesifikasinya dengan memasukkan nomor model atau seri TV tersebut.

3. Cara Cek TV Digital – Tonton Siaran TV

Ketiga, Anda dapat mengeceknya melalui siaran TV digital yang ada. Pada umumnya, siaran digital tersebut memiliki sub-channel tersendiri. Misalnya channel A-2 maupun channel A-2. Contohnya adalah TVRI yang memiliki beberapa channel khusus untuk penontonnya. Seperti TVRI 3 Budaya, TVRI Sport HD, dan TVRI Nasional. Jika sudah menemukan channel tersebut, itu artinya TV yang digunakan sudah dapat menerima siaran TV digital. Tak hanya menonton untuk channel TV nasional, tetapi juga untuk saluran TV mancanegara.

4. Cek Sinyal dan Channel TV Digital di HP

perbedaan smart TV dan android TV (4)

Cara cek TV digital yang terakhir bisa dilakukan dengan masuk ke laman Kementeria Kominfo. Yakni, Anda dapat klik di sini lalu pada kolom kategori, Anda dapat pilih opsi yakni ‘Televisi’. Kemudian, masukkan merek maupun model TV yang digunakan. Tunggulah beberapa saat sampai muncul notifikasi.

Selain di link tersebut, Anda pun bisa mengecek jangkauan dan channel TV digital lewat HP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download dan instal aplikasi ‘SinyalTV Digital’ di PlayStore maupun AppStore.
  • Aktifkan fitur ‘Lokasi’ yang di HP-mu sudah aktif.
  • Buka aplikasi ‘SinyalTV Digital’ yang sudah diinstal tadi.
  • Klik tanda atau ikon ‘bidik’ yang ada di bagian sisi tengah bawah. Fungsi ikon ini adalah mendeteksi tempat pengguna yang lebih akurat.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang penyiaran multipleksing (mux) yang ada di sekitar lokasimu. Contohnya sinyal channel dari TVRI.
  • Setelah itu, klik dan pilih ‘See mux detail’ dan akan muncul informasi sinyal TV digital di tempatmu. Biasanya isinya meliputi layanan, kekuatan sinyal. Operator mux, dan lainnya.
  • Jika daerah sekitarmu memiliki sinyal channel yang kuat, maka peta akan berwarna merah. Jika muncul warna hijau atau kuning, sinyal tersebut dalam kondisi sedang. Sementara, untuk warna abu-abu atau biru maka sinyal di kawasan tersebut lemah.
  • Kemudian, klik ikon ‘galeri’ yang ada di bagian sisi kanan bawah layar HP. Di situ, kamu bisa melihat daftar siaran TV digital yang bisa disaksikan.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Pembagian Set top Box Gratis dan Nomor Kontaknya

Penutup

perbedaan smart TV dan android TV (1)

Nah, itu dia Sobat Doran cara cek TV digital milik Anda sudah beralih ke layanan digital atau menerima siaran digital atau belum. Untuk mendapatkan smart TV terbaik untuk menonton siaran digital dan konten favorit, Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget dengan harga tebersaing.

Kami menyediakan smart TV dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan. Raih pula kesempatan mengikuti promo dan program menarik untuk pembelian smart TV beserta aksesoris pendukung lainnya di store, marketplace, website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai pembelian hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×