Segera Lakukan 3 Hal Ini Jika Smartphone Hilang!

Doran Gadget – Pernahkah Anda mengalami atau terlintas berpikir bagaimana jika smartphone hilang? Siapapun tidak ingin mengalami hal tersebut, namun Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan jika kehilangan barang berharga.

Terlebih barang yang dimaksudkan berupa gadget, barang berharga yang memuat data penting maupun privasi penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara antisipasi apabila seseorang kehilangan gadget.

3 Langkah Antisipasi Jika Smartphone Hilang

Smartphone merupakan perangkat yang ukurannya kecil, mudah terselip dan harus dijaga dengan baik apabila berada di tempat umum. Jika tidak, korban berisiko kehilangan barang yang dimilikinya. Itulah sebabnya, penting untuk menjaga dan membawa tas secara aman saat bepergian. Lantas, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika smartphone hilang? Berikut penjelasannya:

Baca juga: “Bagaimana Merawat TWS yang Benar? Simak 5 Tips Ini”

1. Perkuat Privasi dan Keamanan

Biasakan diri untuk menjaga privasi dan keamanan pada perangkat yang Anda gunakan. Anda dapat memulainya dengan memasang kunci pola maupun sidik jari pada smartphone. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang boleh mengakses hanya pemilik ponsel itu sendiri.

Selain itu, Anda dapat menghubungi nomor telepon di smartphone Anda sebagai upaya untuk mencari perangkat yang hilang. Cara ini efektif apabila yang mengangkat ataupun yang menemukan dapat berbaik hati mengembalikan kepada pemiliknya. 

Baca juga: “5 Tips Memilih Adapter Charger yang Awet”

2. Pantau Melalui “Find My Phone”

Aplikasi Find My Phone memungkinkan penggunanya untuk melacak smartphone hilang berdasarkan lokasinya. Selain lokasi, aplikasi tersebut juga dapat melacak perangkat yang berpindah tempat apabila dibawa pergi oleh orang yang menemukannya. Aplikasi “Find My Phone” dapat dipasang pada iPhone maupun Android. 

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, mulailah untuk login dengan akun yang tersambung pada smartphone yang hilang. Pilih ‘Find My Device’ untuk menemukan perangkat yang sedang Anda cari. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menggunakannya melalui perangkat lain maupun PC. Melalui aplikasi tersebut, kamu juga bisa menghapus data yang kamu anggap sangat penting dan tidak semestinya diketahui orang lain. 

3. Cadangkan Data

jangan cemas jika smartphone hilang

Untuk melindungi maupun mencadangkan data, Anda dapat menggunakan software AutoKrypt yang dapat mengenkripsi file atau folder. Selain itu,  Anda juga bisa mencadangkan data lewat Google Drive,  iCloud untuk iPhone, atau Dropbox. Mencadangkan data bermanfaat untuk melindungi berbagai file penting yang harus mendapatkan back up supaya tidak mudah hilang. 

Baca juga: “5 Tips Pengambilan Video Menggunakan Drone DJI”

Selain cara di atas, Anda dapat menghubungi Customer Service dari berbagai provider  kartu SIM hingga aplikasi pembayaran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mengajukan proses blokir sementara dan memastikan data dan aplikasi tidak disalahgunakan oleh orang jahat.  Di samping itu, Anda juga dipersilahkan untuk melapor kepada pihak berwajib untuk kemudian dibantu dalam proses pencarian. 

Beli Smartphone Baru di Doran Gadget

doran gadget, doranniversary (3)

Itulah informasi mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan jika smartphone hilang. Selain itu, smartphone juga rawan dengan rusak apabila terjatuh atau terendam air dalam waktu yang lama (jika bukan smartphone dengan fitur anti air). Anda dapat mengatasinya dengan mendapatkan smartphone baru dengan harga terjangkau dan original!

Segera dapatkan smartphone terbaru secara online di Doran Gadget atau datang langsung ke toko kami yang tersebar di Surabaya, Jakarta, dan Semarang. Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi WhatsApp, Telegram, dan Instagram Doran Gadget.

Tags:

Artikel terkait:

>