Usai Smartphone, OPPO Persiapkan Smartwatch

Usai Smartphone, OPPO Persiapkan Smartwatch

OPPO telah mengonfirmasi siap terjun ke pasar perangkat wearable dalam waktu dekat. Sebelumnya, OPPO sedang fokus bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain melalui produk smartphonenya.

Perusahaan yang berbasis di Tiongkok ini tengah menggarap smartwatch sebagai langkah selanjutnya. Vice President OPPO Shen Yiren menyampaikan lewat akun media sosial Weibo miliknya bahwa OPPO sedang bekerja keras untuk perangkat terbaru.

Sempat muncul rumor smartwatch yang akan dirilis OPPO memiliki desain lipat atau foldable smartwatch. Seperti yang tercantum dalam laman Lets Go Digital pada Juli 2019, terdapat render dari gambar smartwatch OPPO berbentuk persegi panjang.

Namun, Yiren tidak menunjukkan tanda-tanda tentang desain lipat. Yiren menunjukkan beberapa petunjuk bahwa OPPO sedang memperdebatkan desain layar akan berbentuk bundar atau persegi panjang. Meski masih belum ada kejelasan, Yiren memastikan smartwatch tidak akan rilis tahun ini. Setidaknya tahun 2020, OPPO siap melepasnya ke pasaran.

Beberapa tahun yang lalu, OPPO dikabarkan sedang mengerjakan smartwatch dengan kemampuan mengisi daya penuh hanya dalam lima menit. Ini bukan fitur yang sepele mengingat faktor kenyamanan sebagai daya tarik.

Selain smartwatch, OPPO juga sedang menyiapkan headphone dengan fitur noise reduction yang akan diluncurkan tahun depan. Dengan kejenuhan pasar smartphone, pengembangan smartwatch dan headphone tampaknya menjadi arah yang telah dipilih OPPO dalam waktu dekat.

Seperti banyak raksasa teknologi lainnya saat ini, perusahaan OPPO memang belum ada sejak lama. Nama mereknya terdaftar pada tahun 2001 dan mulai beroperasi tiga tahun setelahnya. OPPO telah tumbuh dengan stabil selama bertahun-tahun dan sejak pertengahan 2016 ini memegang posisi sebagai produsen smartphone terbesar di Tiongkok.

Sebelumnya, Strategy Analytics mengungkapkan bahwa OPPO menjual sekitar 29,8 juta smartphone di kuartal kedua, setara dengan 8,7% dari pangsa pasar global. Perusahaan ini menempati peringkat sebagai merek smartphone terbesar ke-5 di dunia saat ini.

Perusahaan ini terkenal karena banyak perangkat berbiaya rendah. OPPO bisa saja menjadi pemenang di pasar smartwatch jika memang mengunggulkan kemampuan pengisian daya super 5 menit.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp