spesifikasi iQOO Neo 9 Pro

Doran Gadget – Rilis hari ini bertepatan tanggal 22 Februari 2024 di India, ponsel ini meluncur setelah sebelumnya debut di China pada beberapa waktu yang lalu. Apakah versi India akan memiliki spesifikasi yang sama dengan versi China? Yuk intip review iQOO Neo 9 Pro di bawah ini!

Spesifikasi iQOO Neo 9 Pro

Spesifikasi iQOO Neo 9 Pro
Layar LTPO AMOLED, 6.78 inches, 1260 x 2800 pixels, 1B colors, 144Hz, HDR10+, 1400 nits (HBM)
OS Android 14, OriginOS 4
Chipset Mediatek Dimensity 9300 (4 nm)
RAM 8GB/12GB
ROM 256GB/512GB
Kamera Belakang 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.49″, PDAF, OIS
50 MP, f/2.0, 119˚ (ultrawide), 1/2.76″, 0.64µm, AF
Kamera Depan 16 MP, f/2.5, (wide)
Baterai 5160 mAh, 120W wired, 1-40% in 9 min, Reverse wired
WarnaLTPO AMOLED,  Black, Blue, Red

Baca juga: Spesifikasi iQOO 12 5G: HP Snapdragon 8 Gen 3 Pertama di Indonesia

Review iQOO Neo 9 Pro

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini review iQOO Neo 9 Pro yang wajib Anda ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Desain 

review iqoo neo 9 pro
sc: techxreviews

iQOO Neo 9 Pro punya gaya berani dengan pilihan warna Merah dan Putih Soul, Biru Nautical, dan Hitam Combat. Varian Merah dan Putih unik dengan perpaduan kulit bertekstur serat karbon di bagian putih dan tekstur kulit jeruk di bagian merah. Sedangkan versi Biru Nautical menggunakan kaca melengkung halus, dan warna Hitam Combat mengandalkan kaca AG fluorit yang nyaman digenggam. Meskipun begitu, semua varian tetap terasa ringan (sekitar 190 gram) dan tipis (7.99 milimeter).

Di bagian depan, layar lega 6.78 inci dengan resolusi 1.5K dan refresh rate 144Hz memanjakan mata. Bezel tipis dan lubang earpiece minimalis menambah kesan premium. Tombol daya dan volume ada di sisi kanan, sementara bagian bawah diisi port USB Type-C, speaker grill, dan slot SIM. Sayangnya, pengguna harus mengucapkan selamat tinggal pada jack headphone 3.5mm.

2. Layar 

sc: techxreviews

Layar iQOO Neo 9 Pro memiliki ukuran 6.78 inci dengan resolusi 1.5K (2800×1260 pixel). Layar ini menawarkan visual yang tajam dan detail, cocok untuk berbagai aktivitas multimedia, game, dan produktivitas. Keunggulan utamanya adalah refresh rate 144Hz yang menjamin scrolling dan animasi super mulus, terutama untuk bermain game kompetitif.

Teknologi LTPO yang dibenamkan pada layar memungkinkan penyesuaian refresh rate secara cerdas dari 1 hingga 144Hz, menghemat baterai sekaligus menyesuaikan dengan kebutuhan konten yang berbeda. Kecerahan layar mencapai 1400 nits, sehingga tetap terlihat jelas meski di bawah sinar matahari langsung. Layar ini juga memiliki sertifikasi SGS low blue light dan SGS low flicker untuk mengurangi ketegangan mata dan emisi cahaya biru yang berbahaya.

3. Kamera

sc: gizmochina

iQOO Neo 9 Pro hadir dengan kamera yang berlawanan dengan stigma kamera ponsel gaming yang biasanya buruk. Ia memiliki kamera utama 50MP Sony IMX 920 berukuran 1/1.49 inci untuk menangkap cahaya dan detail terbaik, serta kamera ultrawide 50MP Samsung JN1 yang juga berfungsi sebagai kamera makro. Sedangkan untuk versi India memiliki sensor kamera yang berbeda yaitu 50MP untu kamera utamanya, namun hanya 8MP untuk sensor ultrawidenya. 

Sensor utama menghasilkan foto yang jernih dan tajam dalam berbagai kondisi cahaya, dengan warna akurat dan reproduksi warna natural. Bahkan di kondisi minim cahaya, kamera ini mampu menekan noise dan menghasilkan gambar yang cerah. Kamera ultrawide memiliki sudut pandang 119 derajat untuk foto landscape dan makro dengan detail memukau.

iQOO turut menyematkan algoritma NICE (Neo Imaging Camera Engine) yang meningkatkan ketajaman, tekstur, dan jangkauan dinamis foto. Kemampuan portrait dan low-light juga mengesankan, menghasilkan foto subjek tajam dengan blur latar belakang profesional dan foto minim cahaya yang cerah dengan noise minimal. Perekaman video 4K dengan stabilisasi OIS membuat iQOO Neo 9 Pro cocok untuk kreator konten.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Vivo Terbaru 2024 yang Layak Dimiliki

4. Chipset

sc: techxreviews

Performa iQOO Neo 9 Pro ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 9300, sama seperti yang digunakan Vivo X100 series. Kinerjanya sedikit melampaui Snapdragon 8 Gen 3 dalam segi CPU, namun untuk GPU sedikit tertinggal. Meskipun begitu, Dimensity 9300 tetap berada di liga yang sama dengan 8 Gen 3 karena perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Skor benchmark AnTuTu mencapai 2.178.696 dan Geekbench 5 Multi-Core 7.302, menunjukkan kemampuannya menangani berbagai tugas berat. Dalam pengujian game PUBG Mobile, performanya setara dengan 8 Gen 3, bahkan lebih unggul dalam hal konsumsi daya dan suhu saat bermain game berat.

Chipset ini juga dilengkapi fitur Game Super Resolution dan Frame interpolation yang mampu meningkatkan kualitas grafis dan frame rate game, terutama game Cina tertentu. Secara keseluruhan, Dimensity 9300 menawarkan performa tinggi dan efisiensi daya yang baik, menjadikannya pilihan chipset yang menarik untuk smartphone gaming seperti iQOO Neo 9 Pro.

Sedangkan untuk versi India menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 untuk dapur pacunya dengan RAM 12 GB LPDDR5X RAM and 256 GB UFS 4.0 storage. Perbedaan chipset ini tentu saja memberikan spesifikasi yang cukup signifikan, meskipun begitu Chipset 8 Gen 2 merupakan salah satu chipset unggulan untuk smartphone flagship yang meluncur tahun lalu.

5. Baterai 

sc: techxreviews

Performa baterai iQOO Neo 9 Pro terbilang tangguh. Baterai 5160mAh-nya mampu bertahan seharian penuh meski digunakan untuk aktivitas berat seperti gaming. Dalam pengujian video loop HD, baterainya bertahan 17 jam 16 menit. Pengguna kasual bahkan bisa memiliki sisa baterai 30-40% di akhir hari.

iQOO Neo 9 Pro mendukung pengisian daya cepat 120W. Adaptor 120W bawaan mampu mengisi daya dari 0% hingga 100% hanya dalam 27 menit. 50% pertama bahkan bisa terisi hanya dalam 10 menit. Teknologi pengisian daya ini juga memperhatikan keamanan dan kesehatan baterai. Ponsel ini mengatur panas dengan cerdas selama pengisian daya untuk mencegah kerusakan baterai.

Harga iQOO Neo 9 Pro

Harga iQOO Neo 9 Pro dijual dengan harga sekitar Rp13 jutaan. Hingga saat ini masih belum tahu apakah smartphone satu ini akan masuk Indonesia yang jelas versi globalnya telah meluncur, dan ada kemungkinan besar bila masuk Indonesia harga akan menjadi lebih mahal karena penambahan pajak dan bea cukai. Tertarik untuk mendapatkannya?

Baca juga: 10 HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan Tahun 2024

Penutup 

Itullah review seputar iQOO Neo 9 Pro yang wajib Anda ketahui. Dapatkan berbagaismartphone terbaik lainnya dari Apple, Samung, dan Xiaomi. Termukan juga berbagai produk asesoris smatphone terbaik dari JETE yang bisa Anda pilih. Semua produk Doran merupakan produk original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp!

Artikel terkait:

>