JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT - fi

Doran GadgetSaat ini, keberadaan headset olahraga dengan tipe open-ear jadi perangkat penting dalam berolahraga. Dimana pengguna dapat menggunakannya untuk mendengarkan musik namun tetap aman. Dua di antaranya yang layak dimiliki adalah JETE OPENBEATS dan SHOKZ OPENFIT. Seperti apa keunggulan dari JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT ini? Simak ulasannya yang telah dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT

Spesikasi JETE OPENBEATS SHOKZ OPENFIT
Bobot Perangkat Earbuds: 12 gram
Case Charging: 66 gram
Earbuds: 8.3 gram
Case Charging: 57 gram
Material Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) Polycarbonate
Play Time 20 jam 28 jam
Standby Time 200 jam 10 hari
Lama Pengisian Daya 1.5 jam 2 jam
IP Rating IPX6 IP54
Jarak Jangkau 10 meter 10 meter
Mikrofon 4 Microphone ENC AI Call Noise Cancellation
Frekuensi 20Hz-20KHz 50Hz-16kHz
Bluetooth Bluetooth V5.3 Bluetooth V5.2
Warna Black, Orange, White Black, Beige
Harga Rp700 ribuan Rp2.8 jutaan
Garansi 2 tahun (Rusak Ganti Baru) 2 Tahun

Baca juga: 7 Sebab Harus Menggunakan Headset Bluetooth Ini Saat Olahraga

Fitur dan Keunggulan

Setelah mengetahui spesifikasi antara JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT  secara keseluruhan, penting pula untuk mengetahui apa saja keunggulan dari fitur-fitur yang dimiliki keduanya. Mulai dari desain, ketahanan baterai, fitur audio, hingga harga yang dipasarkan. Berikut selengkapnya:

1. Desain Headset

JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT
sc: Soundguys

Hal pertama adalah dari segi desain keduanya. Sekilas memang keduanya nampak tidak ada perbedaan dari segi desain. Namun, materialnya berbeda yakni SHOKZ OPENFIT menggunakan bahan polikarbonat (PC) yang perangkat lebih kuat namun tetap ringan saat dipakai. Sementara itu, JETE OPENBEATS menggunakan material  Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) yang juga sama-sama unggul dan awet terhadap berbagai kondisi cuaca dan cairan kimia.

Berat JETE OPENBEATS sekitar 12 gram saja di masing-masing earbud dan 66 gram charging case. Untuk SHOKZ OPENFIT bobot eardbud-nya 8.3 gram dengan charging case berbobot 57 gram. Kedua headset Bluetooth ini dilengkapi sertifikasi ketahanan air dan debu, yakni IP54 untuk SHOKZ OPENFIT dan IPX6 untuk JETE OPNEBEATS. Inilah yang membuatnya nyaman untuk olahraga.

Mengenai segi bobot ini, OPENFIT cukup unggul karena lebih ringan. Namun, untuk urusan ketahanan, keduanya juga sama-sama unggul. OPENBEATS unggul dalam hal perlindungan terhadap percikan air berkat dukungan IPX6. Sementara, OPENFIT dengan IP54 memberikan perlindungan optimal terhadap partikel debu.

Baca juga: Perbandingan JETE OpenFast vs JETE OpenStyle vs Shokz OpenRun

2. Ketahanan Baterai

JETE Open Beats 1
sc: JETE Indonesia

Berikutnya yakni mengenai ketahanan baterainya. JETE OPENBEATS memiliki waktu playtime hingga 20 jam penggunaan dan standby time hingga 200 jam. Lalu, SHOKZ OPENFIT memiliki ketahanan hingga 28 jam dan standby time 10 hari. Dengan waktu tersebut, pengguna bisa lebih leluasa menggunakannya untuk berolahraga maupun melakukan panggilan.

Kemudian, untuk kapasitas baterai OPENFIT sebesar 58mAh untuk earbud dan 600 mAh untuk charging case. Di sisi lain, OPENBEATS 100mAh earbuds dan charging case 450mAh. Adapun lama pengisian dayanya untuk pengisian menggunakan kabel, OPENFIT memerlukan waktu sekitar 120 menit (2 jam) dan 1 jam dengan charging case saat mengisi daya earbud.

JETE OPENBEATS dapat disi ulang menggunakan port type-C. Dimana pengisiannya memerlukan waktu sekitar 60 menit menggunakan charging case. Sedangkan pengisian dengan port type-C memerlukan waktu kurang lebih 90 menit untuk bisa terisi penuh dan digunakan dalam berolahraga.

3. JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT – Fitur Unggulan

JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT 1
sc: Shokz

Berbicara mengenai keunggulan fitur JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT, keduanya dilengkapi dengan fitur audio terkini. SHOKZ OPENFIT hadir dengan teknologi bernama DirectPitch. Dimana fungsinya adalah menghubungkan gelombang suara ke telinga tanpa memasukkan earbud ke dalam lubang telinga dan tidak menutup daun telinga sepenuhnya.

Di sisi lain, untuk JETE OPENBEATS memiliki driver berukuran 15mm yang membuat suara lebih jernih, jelas, dan nampak nyata. Jadi, cocok untuk berbagai genre musik. Meski begitu tetap aman digunakan dan masih bisa mendengar suara dari luar berkat desain open-ear yang dimilikinya.

Keduanya juga dilengkapi mikrofon internal. JETE OPENBEATS punya empat buah mikrofon dengan teknologi Environmental Noise Cancellation (ENC). Yakni teknologi yang mampu mengurangi kebisingan latar belakang atau lingkungan saat berbicara atau merekam audio.  OPENFIT memiliki fitur yang sama yakni AI Call Noise Cancellation.

Baca juga: Review Earphone Olahraga Aftershokz Aeropex vs JETE Openear 2, Mana yang Terbaik?

4. Jangkauan dan Konektivitas

JETE Open Beats 3
sc: JETE Indonesia

Hal lain yang tak kalah penting saat akan memilih kedua headset olahraga ini adalah jangkauan dan konektivitasnya. SHOKZ OPENFIT menggunakan koenksi Bluetooth 5.2 yang membuat koneksi semakin stabil hingga jarak 300ft atau sekitar 10 meter dengan perangkat pendukung yang digunakan.

Sementara, JETE OPENBEATS menggunakan Bluetooth 5.3. Dimana pada generasi terbaru ini selain lebih lancar dan stabil sampai dengan 10 meter, juga konsumsi dayanya lebih rendah. Dengan begitu, dapat menghemat penggunaan baterai untuk pemakaian waktu yang cukup lama.

Keduanya juga mengadopsi mode Quick Pairing. Yakni, menghubungkan kedua perangkat dengan lebih cepat dan langkah-langkah yang mudah. Cukup nyalakan Bluetooth pada smartphone, lalu hubungkan perangkat headset dengan smartphone. Maka, dalam hitungan detik keduanya akan terkoneksi.

5. Harga di Pasaran

JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT 2
sc: GadgetGuy

Terakhir, selain mengenai fitur hal yang patut dipertimbangkan lagi adalah harga yang dipasarkan. JETE OPENBEATS dibanderol di kisaran mulai Rp700-800 ribuan. Harga ini merupakan harga resmi di official store JETE Indonesia maupun authorized partner di tanah air.

Sementara itu untuk SHOKZ OPENFIT dibanderol dengan harga 179.95US$, atau jika dikonversikan ke dalam kurs rupiah sekitar Rp2.8 jutaan. Dimana harga tersebut dapat sedikit lebih tinggi karena adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air. Sehingga, berpengaruh pada harga di pasaran untuk konsumen di Indonesia.

Sebagai catatan, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada promo yang berlaku di tempat pembelian Anda. Oleh karena itu, agar mendapatkan harga terbaik ada baiknya Anda untuk mengeceknya secara berkala. Baik untuk pembelian online maupun offline.

Baca juga: Mengenal Bone Conduction Headphone: Cara Kerja dan Keunggulan

Mana yang Tepat untuk Anda?

JETE Open Beats 4
sc: JETE Indonesia

Dari ulasan di atas, lantas mana yang cocok untuk menemani olahraga Anda? Untuk hal ini, memang tergantung kebutuhan dan juga pengunaan, termasuk pertimbangan mengenai desain dan harganya. SHOKZ OPENFIT cukup unggul untuk ketahanan baterai dan perlindungan terhadap debu. Desainnya pun ringan dan kokoh ditambah fitur unggulan lainnya.

Begitu pun dengan JETE OPENBEATS yang cocok untuk olahraga karena sertifikasinya yang tahan terhadap percikan air dan keringat serta debut. Jadi, bisa digunakan untuk olahraga saat hujan gerimis. Kemudian, headset olahraga ini unggul dari segi konektivitas, karena menggunakan Bluetooth 5.3 yang membuat koneksi lebih stabil dan konsumsi daya lebih hemat. Termasuk dari segi harga yang lebih ramah di kantong.

Baca juga: Memilih Earphone Olahraga Terbaik, Simak 5 Tips Ini!

Penutup

sc: JETE Indonesia

Bagaimana Sobat Doran, kini Anda bisa memilih headset Bluetooth tipe open-ear dari kedua brand sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu saja, agar lebih aman dan nyaman Anda dapat membelinya di tempat terpercaya. Baik di distributor resmi maupun official store yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai mitra resmi JETE Indonesia untuk mendapatkan JETE OPENBEATS dengan harga terjangkau dan jaminan garansi pabrikan. Selain itu, barang yang kami jual merupakan produk original.

Dapatkan pula promo menarik lainnya setiap pembelian di store maupun online melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Khusus untuk kedua platform online tersebut kami memberikan poin belanja khusus di setiap pembelian. Dimana poin ini bisa ditukarkan dengan produk aksesoris gadget lainnya.

Artikel terkait:

>