Doran Gadget – HP flagship adalah sebutan bagi model smartphone yang menjadi produk utama dengan spesifikasi tinggi dari brand yang bersangkutan. Biasanya setiap brand pasti memiliki produk flagshipnya sendiri. Namun sebenarnya apa sih HP flagship itu sendiri? Yuk simak penjelasan lengkapnya di ulasan artikel kali ini! 

Apa Itu HP Flagship?

Sama seperti yang telah disebutkan di atas, flagship sendiri merujuk pada istilah HP di brand tertentu yang menjadi unggulan. Karena itu tak heran jika ada yang menyebut suatu model smartphone itu flagship maka dia jadi yang terbaik. 

Contohnya seperti Samsung Galaxy S22 Ultra yang saat ini memiliki spesifikasi paling tinggi dan belum ada yang menyaingi. Sehingga dapat disimpulkan HP flagship Samsung adalah Samsung Galaxy S22 Ultra. Karena merupakan produk unggulan, HP flagship pasti diincar oleh banyak orang yang suka membeli HP dengan spesifikasi terbaik. 

Istilah flagship ini sendiri sebenarnya diambil dari angkatan laut dimana terdapat kapal flagship yang memiliki armada yang hebat dan punya teknologi yang canggih. Singkatnya, maksud yang ingin disampaikan sama seperti itu. 

Baca juga: Chipset Tangguh Saja Tak Cukup, Ini 3 Fitur HP Flagship yang Wajib Ada!

Apa Perbedaan HP Flagship dan HP Reguler?

Mudahnya, spesifikasi yang dimiliki sudah pasti sangat jauh berbeda antara HP flagship dan HP reguler. Entah itu dari sisi desain, sistem, kamera, dan lainnya. Karena itulah mari simak penjelasan lengkap perbedaan antara ponsel flagship dengan ponsel biasa atau versi reguler di bawah ini.

1. Material dan Desain 

Biasanya HP flagship memiliki bahan material yang berbeda dengan yang digunakan pada smartphone biasa atau reguler. Kebanyakan versi high class ini memakai material alumunium sehingga lebih tahan banting ketika terbentur atau terjatuh. Terkadang juga dikombinasikan dengan berbagai bahan yang membuat tampilan desainnya lebih cantik dan berkelas. 

Selain itu biasanya HP flagship juga telah menggunakan panel layar paling terbaru diikuti dengan sertifikasi tahan air dan debu yang disematkan. Bentuk dan penempatan kamera juga didesain lebih baik sehingga mampu menonjolkan jika itu adalah ponsel unggulan. 

2. Spesifikasi 

Urusan spesifikasi ini menjadi yang paling mudah untuk dibedakan. Versi flagship biasanya memakai chipset kelas atas dengan performa terbaik. Mulai dari komponen yang disematkan hingga fitur-fitur yang didalamnya. 

Biasanya juga telah menggunakan sistem operasi dan antarmuka terbaru, chipset terbaik, hingga sensor kamera terbaik. Baterainya juga biasanya sudah bisa digunakan untuk fast charging hingga mendukung wireless charging, dan masih banyak lagi. 

3. Support 

Dari segi support juga biasanya produk unggulan akan diprioritaskan oleh perusahaan tersebut mengingat harga yang dikeluarkan untuk versi flagship ini tidak mudah. Sehingga jika ada trouble atau kerusakan, bisa dengan segera ditangani oleh pihak yang bersangkutan. 

Baca juga: Jadi Otak HP Flagship, Simak Keunggulan Mediatek Dimensity 9000+

Jangan Salah Sama Flagship Killer! 

Nah setelah mengertahui pengertian dari HP flagship, ada lagi sebutan untuk flagship killer yang artinya pembunuh HP flagship. Biasanya istilah ini disematkan pada ponsel kelas menengah yang memiliki spesifikasi mirip atau mampu menyaingi HP flagship dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. 

Meskipun begitu, biasanya HP flagship killer ini hanya bisa menyamakan spesifikasinya saja namun tidak bisa meniru kualitas serta dukungan yang ada di HP flagship karena untuk memiliki spesifikasi terbaik biasanya ada beberapa fitur, material, dan lainnya yang harus dikorbankan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Flagship Killer Juni 2023

Rekomendasi HP Flagship Paling Laris yang Bisa Dipilih

Bagi Anda yang ingin mencari HP flagship terbaik, ada 15 rekomendasi dari Canalys yang baru saja merilis daftar HP flagship paling laris di kuartal pertama tahun 2023. Berikut di antaranya dari berbagai brand besar dunia, namun dalam hal ini iPhone mendominasi:

  1. iPhone 14 Pro Max
  2. iPhone 14 Pro
  3. iPhone 14
  4. iPhone 13
  5. Samsung Galaxy S23 Ultra
  6. iPhone 14 Plus
  7. Samsung Galaxy S23
  8. iPhone 12
  9. Samsung Galaxy S23 Plus
  10. Samsung Galaxy Z Flip 4
  11. iPhone SE Gen-3
  12. Samsung Galaxy S22
  13. Xiaomi 13
  14. Huawei Mate 50
  15. Samsung Galaxy S21 FE 5G

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartphone Kamera Terbaik dari Mid-Range Hingga Flagship

Penutup 

Jadi itulah pengertian dan perbedaan spesifikasi dari HP flagship. Nah bagi Anda yang ingin membeli HP flagship terbaru dari iPhone misalnya, kini Anda sudah bisa memesan iPhone 14 series di Doran Gagdet. Semua produk Apple kami telah memiliki garansi resmi iBox. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini

Artikel terkait:

>