Apa Itu TPM Windows 11? Syarat Wajib Instal Windows Terbaru

Apa Itu TPM Windows 11, TPM Windows 11 (1)

Doran GadgetApa itu TPM Windows 11 menjadi perbincangan hangat pecinta teknologi. Sebab, perangkat Trusted Platform Module 2.0 tersebut menjadi syarat wajib bagi pengguna untuk bisa menginstal dan menggunakan Windows 11 di komputer mereka. Lantas bagaimana pengertian dan cara mengeceknya? Berikut ulasannya yang dihimpun tim Doran Gadget.

Apa Itu TPM Windows 11?

Apa Itu TPM Windows 11, TPM Windows 11 (2)

Secara garis besar apa itu TPM Windows 11 dapat diartikan sebagai modul yang berbentuk chip di perangkat komputer, terutama pada sebuah PC. Fungsinya tak lain untuk melindungi data tersimpan pada komputer maupun laptop Anda menggunakan sistem enkripsi.

Dengan begitu, jika perangkat Windows 11 dicuri, nantinya para pelaku bisa mengambil data atau membajaknya dengan cara membobol TPM Windows 11 tersebut. Microsoft sendiri menyatakan jika TPM memiliki peran penting melindungi komputer menggunakan sistem keamanan yang bisa diandalkan dengan berbasiskan perangkat keras.

Mengecek TPM Windows di Laptop dan PC

Apa Itu TPM Windows 11, TPM Windows 11

Kini, setelah Anda mengetahui apa itu TPM Windows 11 sebagai syarat wajib saat menginstallnya, maka penting pula mengetahui bagaimana cara mengeceknya pada komputer. Sebab, tidak semua PC dilengkapi sistem keamanan ini. Melansir dari laman The Verge yang dikutip oleh Kompas Tekno, berikut cara mudahnya:

  1. Tekan tombol “Windows” pada keyboard secara bersamaan dengan huruf “R”. Atau Anda bisa masukkan kata kunci “Run” pada menu “Start”.
  2. Berikutnya, masukkan perintah dengan menuliskan “tpm.msc” dan klik tombol “OK”. Tunggulah sampai tampilan aplikasi sistem “TPM Management” muncul.
  3. Perhatikan kolom “Status” Anda dan cek apakah komputer kompatibel untuk TPM Windows 11.
  4. Jika kolom muncul “The TPM is Ready for Use” maka komputer sudah pasti memiliki TPM.
  5. Bila ingin melihat versi TPM-nya, Anda bisa mengunjungi kolom “TPM Manufacturer Information” dan versi TPM akan muncul di bagian “Spesification Version
  6. Bila kolom itu mengatakan “TPM Cannot Be Found” itu artinya komputer tidak dibekali dengan TPM maka tak bisa digunakan untuk download Windows 11.

Baca juga: Windows 11 Resmi Meluncur, Apa Saja Bocoran Fiturnya?

Cek Apa Itu TPM Windows 11 Melalui Aplikasi PC-Health

Cara lainnya untuk mengecek kesediaan TPM Windows 11 adalah melalui aplikasi PC Health. Aplikasi ini bisa Anda unduh di laman resmi microsoft lewat link ini. Lalu, gulirkan sampai ke bawah sebelum masuk bagian footnote.

Saat PC mulai dijalankan maka aplikasi tersebut akan mengecek dan memeriksa komputer secara keseluruhan. Kemudian, memberitahu jika aspek untuk mengunduh sistem Windows terbaru sudah terpenuhi.

Menyalakan Dukungan TPM Windows 11 di PC Rakitan

05. windows 11, perangkat microsoft

Pada saat Anda mengecek TPM Windows 11 berjalan di sebuah komputer dengan PC Health namun muncul komputer tidak mendukung, maka Anda jangan berkecil hati. Bisa jadi perangkat sebenarnya punya dukungan persyaratan itu namun tak dinyalakan.

Hal itu karena pada motherboard modern produksi beberapa tahun belakangan dibekali fitur verifikasi TPM melalui BIOS. Akan tetapi, fitur biasanya dimatikan dengan mode default. Jadi, Anda dapat mengaktifkannya secara manual dan cek apakah ada update yang khusus untuk Windows 11. Sementara itu, langkah mengaktifkannya pun tergantung pada merek maupun tipe motherboard di PC rakitan.

Penutup

05. windows 11, cover, microsoft

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu TPM Windows 11 dan cara mengeceknya di komputer Anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perangkat pendukung komputer terbaik seperti keyboard, mouse, hingga speaker saat Anda bekerja dengan Windows 11. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perangkat komputer terbaik di Doran Gadget, Anda bisa join Telegram Doran Gadget atau dengan hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Selamat mencoba!

× WhatsApp