Doran Gadget – Saat membaca atau melihat review smartphone, kata-kata seperti refresh rate dan touch sampling rate mungkin tidak asing di telinga. Banyak reviewer yang selalu memasukkan dua hal tersebut saat mereview sebuah produk smartphone. Lalu apakah perbedaan touch sampling rate dengan refresh rate pada smartphone? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Touch Sampling Rate 

Touch sampling rate adalah sebuah kemampuan layar saat membaca input atau sentuhan dalam satu detik. Touch sampling rate ini biasanya disebut sebagai tingkat respons layar. Semakin cepat respon layar pada suatu perangkat, maka semakin sensitif layar dalam membaca perintah. 

Contohnya adalah ketika ada review yang menyebutkan sebuah smartphone didukung touch sampling rate 60Hz, maka smartphone bisa membaca input sentuhan dari pengguna sebanyak 60 kali per detiknya.

Artinya adalah layar smartphone mampu menerima input sentuhan dari pengguna setiap per 16,6 milidetiknya. Jika input gagal diproses dalam satu siklus tersebut, maka pengguna harus menunggu selama 16,6 ms/milideetik lagi untuk menerima input sentuhan baru. 

Semakin besar siklusnya, maka semakin lama bagi layar untuk merespon sentuhan dari perintah pengguna. Karena itu, dalam produksi smartphone terbaru kini touch sampling ratenya sudah mencapai 120Hz-240Hz. Smartphone yang memiliki touch sampling rate 240Hz mampu memproses perintah hanya dalam siklus 4,16 ms. 

Baca juga: 7 Smartphone Refresh Rate Tinggi Sampai 144Hz

Pengertian Refresh Rate

Refresh rate mulai terkenal sejak munculnya smartphone yang dikhususkan untuk gaming. Dimana refresh rate ini mampu mendukung pergerakan pengguna dalam bermain game secara lebih mulus. Namun kini, refresh rate juga ditonjolkan pada berbagai kategori smartphone. Bukan lagi hanya gaming namun juga flagship, menengah, hingga entry level. 

Refresh rate sendiri adalah acuan berapa kali per detik layar dapat memuat gambar baru. Misalnya jika ada review smartphone memiliki range refresh rate 120H, maka layar dapat merefresh gambar 120 kali per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka gerakan karakter saat bermain game akan semakin mulus dan tidak patah-patah. Aktivitas scrolling juga semakin smooth

Perbedaan Touch Sampling Rate dengan Refresh Rate

Pada review smartphone, refresh rate dan touch sampling rate sering disandingkan. Namun keduanya merupakan hal yang berbeda. Nilai touch sampling rate lebih tinggi dibandingkan refresh rate. Perbedaan touch sampling rate dengan refresh rate adalah kedua metrik atau dukungan ini memiliki tujuan yang berbeda meskipun sama-sama pentingnya. 

Dimana refresh rate bertujuan untuk melancarkan seluruh pengalaman pengguna saat menavigasi perangkat, fungsi refresh rate sangat terasa saat browsing, bermain sosmed hingga bermain game. Sedangkan touch sampling rate mampu membantu pengguna untuk mendapatkan respon yang cepat. Jika dalam kebutuhan bermain game, kombinasi keduanya mampu memberikan pengalaman bermain game yang mulus. 

Baca juga: Mengintip Kecanggihan Fast Charging Realme GT Neo3

Gunakan Smartphone dengan Refresh Rate dan Touch Sampling Rate yang Tinggi 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menggunakan smartphone dengan touch sampling rate dan refresh rate yang tinggi sangat cocok bagi Anda yang suka bermain game. Ada banyak pilihan smartphone dengan refresh rate yang tinggi diantaranya Redmi Note 10 5G, Poco F3, Asus ROG Phone 5, Realme 8 5G, Xiaomi Mi 10T, Xioami Mi 10T Pro, Lenovo Legion Phone Duel, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa membeli berbagai macam tipe smartphone dengan refresh rate yang tinggi di Doran Gadget. Jangan lupa download aplikasi Doran Gadget untuk kemudahan transaksi di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi call center kami di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

×