Google Pixel 4 Perbaiki Keamanan Fitur Face Unlock

Google Pixel 4 Perbaiki Keamanan Fitur Face Unlock

Salah satu fitur utama Google Pixel 4 adalah tambahan fitur face unlock baru yang aman sebagai pengganti sensor sidik jari. Klaim “aman” tersebut ternyata cukup rentan karena ponsel akan terbuka walaupun mata pengguna tertutup.

Google telah memberikan pernyataan yang menjanjikan bahwa pihaknya akan mengeluarkan pembaruan perangkat lunak yang akan memperbaiki masalah itu. Tetapi, sayangnya jangka waktu untuk itu lebih lama daripada yang mungkin diinginkan pengguna. Google mengatakan bahwa pihaknya “sedang mengerjakan opsi bagi pengguna untuk meminta mata mereka terbuka ketika membuka kunci ponsel, yang akan dikirimkan dalam pembaruan perangkat lunak dalam beberapa bulan mendatang”.

Fitur face unlock Pixel 4 sangat mirip dengan sistem iPhone, memanfaatkan proyektor inframerah dan kamera untuk membuat dan membaca peta kedalaman wajah yang akurat. Itu membuatnya lebih aman daripada solusi berbasis kamera RGB lainnya yang tidak bisa diakali dengan foto atau video di layar datar.

Namun, sistem Face ID Apple memang membutuhkan perhatian dalam bentuk mata Anda terbuka dan melihat layar. Pengguna dapat menonaktifkan fitur itu jika mereka mau.

Google sebelumnya mengatakan bahwa “Kami tidak memiliki sesuatu yang spesifik untuk diumumkan mengenai fitur atau waktu di masa depan, tetapi seperti sebagian besar produk kami, fitur ini dirancang untuk menjadi lebih baik seiring waktu dengan pembaruan perangkat lunak di masa depan”.

Telah ada kebocoran dari “Requires eyes to be open” (Wajib mata untuk terbuka) untuk beralih pada pengaturan face unlock Pixel 4, tetapi fungsi itu tidak ada di ponsel yang ditunjukkan Google pada acara tersebut, juga tidak akan ada pada ponsel pengiriman minggu ini.

Google menekankan dalam pernyataannya bahwa meskipun fakta bahwa itu bekerja dengan mata tertutup, pihaknya percaya bahwa “Face unlock Pixel 4 memenuhi persyaratan keamanan sebagai biometrik yang kuat dan dapat digunakan untuk pembayaran dan otentikasi aplikasi, termasuk aplikasi perbankan. Itu tahan terhadap upaya membuka kunci yang tidak valid melalui cara lain, seperti dengan topeng”.

Pixel 4 dapat mengetahui apakah Anda melihatnya dalam konteks lain. Ini memiliki fitur Screen Attention yang membuat layar tidak dimatikan jika Anda melihatnya. Sekarang Google perlu membuatnya berfungsi untuk membuka kunci telepon juga.

Sayangnya untuk Google, ini bukan drama pertama untuk fitur pembuka kunci wajahnya. Menjelang perilisan, Google terpaksa mengakui bahwa para kontraktor yang disewanya untuk mengumpulkan data guna meningkatkan penguncian wajah pada beragam wajah telah menyasar para tunawisma. Google pun menghentikan sementara program untuk menyelidiki.

Bagi orang-orang yang membeli Pixel 4, Google sekali lagi menunjukkan bahwa “jika ada pengguna Pixel 4 yang khawatir bahwa seseorang dapat mengambil telepon mereka dan mencoba membuka kuncinya ketika mata mereka tertutup, mereka dapat mengaktifkan fitur keamanan yang memerlukan pin, pola atau kata sandi untuk membuka kunci berikutnya. “Fitur itu adalah opsi” penguncian “yang muncul ketika Anda menekan tombol daya lama.

Berikut pernyataan lengkap Google:

Kami sedang mengerjakan opsi bagi pengguna untuk meminta mata mereka terbuka untuk membuka kunci ponsel yang akan dikirimkan dalam pembaruan perangkat lunak dalam beberapa bulan mendatang. Sementara itu, jika ada pengguna Pixel 4 yang khawatir seseorang dapat mengambil telepon mereka dan mencoba membuka kuncinya ketika mata mereka tertutup, mereka dapat mengaktifkan fitur keamanan yang memerlukan pin, pola, atau kata sandi untuk membuka kunci berikutnya. Buka kunci wajah Pixel 4 memenuhi persyaratan keamanan sebagai biometrik yang kuat dan dapat digunakan untuk pembayaran dan otentikasi aplikasi, termasuk aplikasi perbankan. Itu tahan terhadap upaya membuka kunci yang tidak valid melalui cara lain, seperti dengan topeng.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp