Arti Peringkat Water Resistant pada Wearable

Arti Tingkat Water Resistant pada Wearable

Karakteristik tahan air sering menjadi faktor penentu ketika memilih pelacak kebugaran, jam tangan pintar atau monitor detak jantung. Namun, jika ada yang memberi tahu Anda bahwa perangkat di pergelangan tangan Anda sepenuhnya anti air, itu bohong. Karena pada tingkat tekanan air tertentu, setiap perangkat yang dapat dipakai akan mulai bocor. Inilah sebabnya mengapa peraturan melarang barang yang dapat dikenakan ditandai sebagai anti air. Hal seperti itu tidak ada.

Beberapa kebingungan masih tersisa mengenai berbagai tingkat ketahanan air. Apakah Anda aman menggunakan perangkat kebugaran di kamar mandi atau di bawah hujan? Apakah perangkat akan terus berfungsi jika Anda pergi ke kolam renang dengannya?

PERINGKAT ISO

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa peringkat ISO perangkat Anda.

ISO telah mengembangkan standar yang menyediakan metode pengujian dan fitur pelabelan untuk jam tangan dan perlengkapan kebugaran yang dijual sebagai “tahan air”. Standar internasional memberi tanggung jawab pada produsen untuk membuktikan perangkat mereka tahan air terhadap kriteria praktik terbaik industri dan pengetahuan internasional.

Peringkat ISO sering ditemukan di bagian belakang jam tangan atau perangkat kebugaran untuk menunjukkan bagaimana mereka disegel terhadap masuknya air. Biasanya disertai dengan indikasi tekanan uji statik bahwa sampel produk pakaian yang baru diproduksi terpapar dalam uji kebocoran. Tekanan uji dapat diindikasikan baik secara langsung di bar, atau (lebih umum) sebagai kedalaman air setara dalam meter (di Amerika kadang-kadang juga dalam kaki).

Indikasi tekanan uji dalam hal kedalaman air tidak berarti bahwa perangkat yang dapat dipakai dirancang untuk digunakan di kedalaman air tersebut. Misalnya, perangkat kebugaran yang ditandai pada kedalaman 30 meter tidak dapat diharapkan berfungsi tanpa batas pada 30 meter di bawah air. Ini karena pengujian dilakukan hanya sekali menggunakan tekanan statis pada perangkat yang dapat diproduksi yang baru diproduksi. Dalam penggunaan praktis, pelacak kebugaran atau jam tangan pintar mengalami variasi tekanan yang dapat menambah tekanan statis air. Contohnya termasuk gerakan lengan perenang melalui air, atau semprotan keras yang ditemui dalam ski air.

Ini berarti bahwa pengujian mencakup margin keselamatan untuk memperhitungkan faktor-faktor seperti penuaan segel, perubahan tekanan dan suhu air, serta tekanan mekanis yang dinamis. Juga, uji ketahanan dilakukan dalam air tawar. Jadi kecuali ditentukan secara eksplisit oleh pabrikan, perangkat tidak dijamin tahan di bawah air garam.

Penting untuk dicatat, bahwa tidak ada metode pengujian yang seragam. Yang berarti bahwa dalam beberapa kasus, penggunaan dunia nyata yang disarankan mungkin sedikit berbeda. Namun sebagai aturan umum, minimum dapat dijelaskan sebagai berikut:

ATM atau 1 BAR (10m atau 33 kaki)Peningkatan ketahanan terhadap hujan dan cipratan. Tidak digunakan untuk mandi atau berenang.
3 ATM atau 3 BAR (30 m atau 100 kaki)Penggunaan sehari-hari, dapat menahan percikan lembut seperti hujan tetapi tidak cocok untuk berenang.
5 ATM atau 5 BAR (50 m atau 165 kaki)Penggunaan sehari-hari dan berenang, bermain di kolam tetapi tidak cocok untuk menyelam di tepi kolam renang atau olahraga air.
10 ATM atau 10 BAR (100 m atau 330 kaki)Penggunaan sehari-hari, menyelam di tepi kolam renang, dan snorkeling. Tidak cocok untuk menyelam papan tinggi, benturan besar, atau olahraga air.
15 ATM atau 15 BAR (150 m atau 500 kaki)Penggunaan sehari-hari, menyelam di tepi kolam renang, dan snorkeling, sebagian besar olahraga air.
20 ATM atau 20 BAR (200 m atau 660 kaki)Minimal diperlukan untuk penyelaman papan tinggi, olahraga air berdampak tinggi, atau penyelaman di bawah air.
100 ATM atau 100 BAR (1000 m atau 3300 kaki)Minimal diperlukan untuk penyelaman laut dalam profesional.

PERINGKAT IP

Kode IP (atau Peringkat Perlindungan Internasional, kadang-kadang juga diartikan sebagai Peringkat Perlindungan Ingress), terdiri dari huruf IP diikuti oleh dua digit dan huruf opsional. Sebagaimana didefinisikan dalam standar internasional IEC 60529, IP mengklasifikasikan tingkat perlindungan yang diberikan terhadap intrusi benda padat (termasuk bagian tubuh seperti tangan dan jari), debu, kontak yang tidak disengaja, dan air dalam selungkup listrik.

Digit pertama: Padatan

Digit pertama menunjukkan tingkat perlindungan yang disediakan oleh penutup terhadap akses ke bagian berbahaya (mis. Konduktor listrik, komponen bergerak) dan masuknya benda asing yang padat.

0 Tidak terlindungi Tidak ada perlindungan terhadap kontak dan masuknya benda

Level 1: > 50mm Permukaan tubuh yang besar, seperti punggung tangan, tetapi tidak ada perlindungan terhadap kontak yang disengaja dengan bagian tubuh.

Level 2: > 12.5mm Jari atau benda serupa.

Level 3: > Alat 2.5mm, kabel tebal, dll.

Level 4: > 1mm Kebanyakan kabel, sekrup, dll.

Level 5: Dilindungi Debu Penyerbuan debu tidak sepenuhnya dicegah, tetapi tidak boleh masuk dalam jumlah yang cukup untuk mengganggu operasi peralatan yang memuaskan; perlindungan penuh terhadap kontak.

Level 6: Debu Ketat Tidak ada debu yang masuk; perlindungan penuh terhadap kontak.

Digit Kedua: Cairan

Perlindungan peralatan di dalam selungkup terhadap masuknya air yang berbahaya.

Level 0: Tidak dilindungi

 Level 1: Air menetes Air menetes (tetesan yang jatuh secara vertikal) tidak akan memiliki efek berbahaya.

 Level 2: Air menetes ketika dimiringkan hingga 15 ° Air menetes secara vertikal tidak akan memiliki efek berbahaya ketika penutup dimiringkan pada sudut hingga 15 ° dari posisi normalnya.

 Level 3: Menyemprotkan air Air yang jatuh sebagai semprotan pada sudut apa pun hingga 60 ° dari vertikal tidak akan memiliki efek berbahaya.

 Level 4: Air cipratan Air cipratan ke selungkup dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.

 Level 5: Jet air Air yang diproyeksikan oleh nosel (6.3mm) terhadap selungkup dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.

 Level 6: Jet air yang kuat Air yang diproyeksikan dalam jet yang kuat (nozzle 12,5mm) pada selungkup dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.

 Level 7: Perendaman hingga 1m Air masuk dalam jumlah berbahaya tidak akan mungkin terjadi ketika selungkup direndam dalam air di bawah kondisi tekanan dan waktu yang ditentukan (hingga 1 m perendaman).

Level 8: Perendaman lebih dari 1m Peralatan ini cocok untuk perendaman kontinu dalam air dalam kondisi yang harus ditentukan oleh pabrikan. Biasanya, ini berarti bahwa peralatan tertutup rapat. Namun, dengan jenis peralatan tertentu, itu bisa berarti bahwa air dapat masuk tetapi hanya sedemikian rupa sehingga tidak menghasilkan efek berbahaya.

Jadi ingat, tidak ada produk yang tahan air. Dan pastikan untuk selalu memeriksa tanda pada perangkat Anda atau situs web produsen sebelum mengambil perangkat yang dapat dikenakan ke kamar mandi atau kolam renang.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp