Doran GadgetPerangkat digital seperti komputer dan server memerlukan perangkat pendukung agar tetap stabil saat digunakan. Salah satunya adalah UPS yang mungkin cukup sering kita dengar. Akan tetapi, bagi sebagian lainnya mungkin masih belum mengetahui apa itu UPS, cara kerja, hingga fungsinya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Apa Itu UPS?

ups komputer, apc ups, harga ups komputer

UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply atau Suplai Daya Bebas Gangguan. Perangkat ini digunakan untuk menyimpan daya listrik dengan baterai untuk sumber energi listrik alternatif. Inilah yang membuat perangkat komputer tetap menyala ketika dihubungkan dan arus listrik utama mati atau padam.

Bagi perusahaan berskala besar, UPS jadi perangkat penting. Khususnya dalam menyimpan data-data penting agar tidak hilang saat terjadi pemutusan arus listrik secara tiba-tiba. Normalnya, UPS memiliki kapasitas 600 watt dan bisa menyalakan komputer berdaya 400 watt selama kurang lebih 17 menit.

Namun, juga ada UPS yang memiliki kapasitas lebih besar dari angka tersebut. Biasanya, UPS dengan kapasitas digunakan untuk lebih dari satu komputer maupun jaringan. Termasuk penggunaannya untuk server atau data server agar tetap aman dan backup lancar.

Baca juga: 5 Perangkat Penting untuk Work from Home

Fungsi UPS

Setelah mengetahui mengenai apa itu UPS, Anda pun perlu mengetahui fungsi perangkat ini untuk penggunaan sehari-hari. Khususnya dalam mendukung pekerjaan yang menggunakan komputer. Setidaknya, berikut beberapa fungsi utama UPS:

  • Sebagai penyimpan energi cadangan saat terdapat kegagalan di daya listrik utama. Dengan kata lain, saat energi listrik utama mati masih ada energi cadangan.
  • Proses backup data lebih mudah dan melakukan shutdown sesuai prosedur.
  • Mengamankan komputer dari kerusakan sistem komputer. Baik pada hardware maupun software.
  • Dapat melakukan stabilisasi tegangan saat ada perubahan tegangan input. Dengan begitu, tegangan output untuk sistem komputer tetap stabil.
  • UPS bisa mendiagnosa perangkat sendiri. Pengguna pun bisa lebih mudah mengantisipasi apabila terjadi gangguan sistem.
  • Bisa diintegrasi dengan internet dan kontrol UPS lewat jaringan LAN melalui aksesoris tambahan.

Baca juga: 5 Jenis Penyimpanan Data untuk Komputer

Cara Kerja UPS

Mengenai cara kerja UPS, terdapat tiga jenis yang sering digunakan. Yakni, menggunakan sistem standby (off-line), online UPS, dan line-interactive UPS. Berikut penjelasannya yang perlu Anda ketahui:

  • Cara kerja sistem standby (off-line) adalah pengisian daya secara langsung dari sumber listrik ke baterai UPS. Cadangan energi listrik ini bisa digunakan saat daya utama mati. Ketika tegangan input UPS tidak stabil, maka secara otomatis UPS menyalakan sirkuit inverter DC-AC internal. Biasanya, UPS dengan jenis ini relatif terjangkau.
  • Cara kerja UPS sistem online menggunakan metode double conversion yang berasal dari arus AC dan diteruskan ke baterai internal. Setelah itu dialirkan lagi ke daya 120V/240AC. Keunggulan sistem ini adalah kapasitasnya cukup besar, namun dari segi harga memang cukup mahal.
  • Cara kerja UPS line-interactive ialah dengan mempertahankan jalur inverter. Kemudian arus DC baterai dialihkan dari mode charging menjadi mode penyedia daya saat terjadi pemadaman listrik. UPS ini menggunakan autotransformer yang berfungsi mengatur mode charging dan supply lewat identifikasi tegangan listrik yang masuk. Jika voltasenya rendah, UPS pun menyesuaikan besaran arus yang masuk maupun keluar. Dengan begitu, UPS memerlukan arus input lebih besar.

Baca juga: 5 Rekomendasi UPS Komputer dari APC untuk Kantor

Penutup

ups komputer, apc ups, harga ups komputer (1)

Bagaimana Sobat Doran, kini Anda sudah tahu bukan apa itu UPS, fungsi, dan cara kerjanya? Anda dapat menggunakannya untuk keperluan kantor dan rumah dalam beraktivitas sehari-hari. Apapun pilihan UPS-nya pastikan membelinya di tempat terpercaya seperti Doran Gadget yang menjual UPS terbaik dan aksesoris komputer lainnya.

Raih kesempatan mendapatkan harga terbaik di promo and program tertentu. Khususnya pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp. Ikuti juga Instagram kami untuk melihat program promo yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

×