Ini Dia Fitur Garmin Fenix ​​6 Series yang Jarang Dibahas dan Jarang Digunakan

fitur garmin fenix 6

Dorangadget.com Jam tangan Garmin premium untuk lari kelas atas memiliki banyak fitur. Namun terdapat salah satu fitur Garmin Fenix 6 Pro yang jarang diketahui. Jika Anda pengguna Fenix 6 Series atau Smartwatch Garmin premium lainnya, bisa jadi Anda juga belum mengetahuinya sehingga tidak memaksimalkan fitur jam tangan Garmin yang Anda miliki.

Garmin Fenix ​​6 Pro dan beberapa jam tangan Garmin lainnya. Dapat digunakan sebagai pengontrol berlatih menggunakan Bike Trainer. Fitur ini sudah ada di GPS Sepeda atau Garmin Bike seri Garmin Edge 530, 830 dan 1030.

Jika Anda sudah memiliki Smart Trainer seperti TACX NEO 2T dan jam tangan Garmin premium. Anda harus mencobanya untuk mempermudah latihan Anda dan mengoptimalkan fitur dalam Garmin Fenix 6. Beberapa Jam Garmin yang support yakni Fenix 6 Series, Forerunner 745, 945, Garmin MARQ, Garmin Delta.

Dalam artikel ini akan membahas fitur garmin Fenix ​​6 series yang jarang dibahas dan jarang digunakan.

Mengkontrol Smart Trainer Dengan Jam Garmin

Smart Trainer NEO 2T

Jam tangan Garmin Fenix ​​6 akan mencoba untuk terhubung ke Smart Trainer Anda. Melalui ANT+ saat Anda memulai menggunakan mode bersepeda dalam ruangan. Jika terhubung, Anda akan melihat statistik seperti kekuatan dan irama saat Anda berolahraga.

Dengan begitu, secara instan hal ini akan menjadikan Smartwatch Garmin. Sebagai produk utama untuk melakukan pelacakan kondisi tubuh untuk sepeda dalam ruangan atau Smart Trainer. Tentu Anda hanya bisa menggunakan dengan smart trainer atau bike trainer. Jika belum memilikinya, Anda bisa mendapatkannya dengan harga promo bike trainer sebelum terlambat.

Fitur Garmin Fenix 6

garmin fenix 6s pro solar Fitur Garmin Fenix ​​6

Konektivitas antara Fenix ​​6 dan Bike Trainer merupakan interaksi dua arah. Hal ini menunjukkan jam tangan Garmin Anda dapat mengontrol ketahanan serta menunjukkan statistiknya. Jika Anda hanya menginginkan latihan intensitas rendah ketika menonton film atau membaca sesuatu di ponsel. Anda bisa menyetel resistansi atau keluaran daya yang konsisten.

Yang terakhir dan cukup efektif yakni mode ERG atau ergometer. Yaitu ketika pelatih Anda secara otomatis memilih resistansi yang membuat Anda tetap pada level daya target tertentu. Terlepas dari kecepatan dan irama Anda.

Ini berarti ketika irama Anda berubah. Pelatih secara otomatis menyesuaikan akan menerapkan lebih banyak atau lebih sedikit hambatan untuk menjaga output daya tetap konstan.

Buka aplikasi Garmin Connect dan Anda dapat melakukan latihan khusus. Ini memecah sesi menjadi beberapa bagian yang dibatasi oleh jarak, waktu atau kalori dan seterusnya. Ini juga bisa berdasarkan target. seperti mencapai kecepatan atau kisaran watt, yang kemudian ditampilkan di jam tangan.

Selain itu, Anda juga dapat membuat latihan berdasarkan rute di dunia nyata. Anda bisa melakukan ini di aplikasi Garmin Connect. Tinggal mengatur titik awal dan membiarkan Garmin menentukan rute berdasarkan jarak yang Anda tentukan. Anda bisa membuatnya rute sesuai keinginan sendiri dengan mengetuk titik awal dimanapun diseluruh dunia.

Untuk lebih memahami fitur tersebut, silahkan membaca artikel kami berjudul Cara Membuat Rute Lari atau Bersepeda Dengan Aplikasi Garmin Connect. Atau membukahalaman Garmin Connect Tutorial untuk berbagai artikel tentang penggunaan fitur dengan Garmin Connect.

jam garmin fenix 6 Fitur Garmin Fenix ​​6

Saat Anda melewati jalur ini, hambatan akan berubah untuk menyesuaikan dengan naik turunnya sepanjang rute. Anda dapat membuat latihan langsung di jam tangan Fenix ​​6, tetapi membuatnya di aplikasi Garmin Connect jauh lebih cepat dan tidak rumit.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menambahkan segmen kursus dari Strava, milik Anda, atau pengendara lain. Salah satu layar olahraga tengah jam Fenix ​​6 adalah peta, yang menunjukkan di mana Anda berada di sepanjang perjalanan virtual. Gambar lainnya menunjukkan grafik medan di depan.

Mengoptimalkan Heart Rate Monitor Saat Berlatih

Ketika Anda menggunakn Mode Smart Trainer Garmin Fenix ​​6 masalah yang cukup mengganggu yakni pada pembacaan detak jantung dari sensor optik di bagian belakang jam tangan dinonaktifkan saat terhubung Bike Trainer. Anda perlu menggunakan tali Heart Rate Monitor (HRM) untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

 

Heart rate monitor garmin

Ini sedikit kurang nyaman ketika koneksi ANT+ tidak boleh diganggu oleh sensor detak jantung optik. Dan mode ini sangat cocok untuk sesi berlatih cepat dan mudah. Namun untuk mendapatkan hasil penghitungan detak jantung yang optimal, disarankan untuk menggunakan Heart Rate Monitor.

Kontrol Smart Trainer merupakan kelebihan Garmin Fenix 6 tersebut tepat dan memudahkan untuk Anda penggemar sepeda yang ingin bersepeda di rumah saja untuk beberapa alasan. Untuk rekomendasi jam tangan Garmin lain yang support kontrol Bike Trainer adalah Fenix 6 Series seperti Garmin Solar, Garmin MARQ, Forerunner 745, Forerunner 945, Garmin Delta. 

Penutup

Anda bisa menikmati fitur Garmin Fenix 6 dengan terlebih dulu menghubungkan Garmin Watch pada Bike Trainer. Anda akan melihat statistik seperti kekuatan, irama Anda ketika berolahraga. Anda juga bisa mengatur resistansi atau keluaran daya yang rendah ketika sibuk dengan ponsel namun tetap harus berlatih. 

× Whatsapp