Efek Konsumsi Kafein setelah Berolahraga

Dorangadget.com Glikogen merupakan sumber bahan bakar utama otot selama latihan, diisi kembali dengan lebih cepat ketika atlet mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah latihan keras sehingga meningkatkan kinerja mereka.

Para peneliti menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein dengan karbohidrat memiliki 66 glikogen lebih banyak dalam otot mereka empat jam setelah menyelesaikan latihan yang intensif dan mengurangi glikogen, dibandingkan ketika mereka mengonsumsi karbohidrat saja.

Penelitian ini melibatkan tujuh pengendara sepeda yang terlatih. Mereka diminta untuk mengendarai sepeda ergometer hingga kelelahan dan kemudian makan malam rendah karbohidrat sebelum pulang.

Penelitian dilakukan dalam empat sesi. Latihan ini mengurangi simpanan glikogen otot atlet sebelum uji coba eksperimental. Para atlet tidak makan lagi sampai hari berikutnya untuk sesi kedua ketika mereka bersepeda lagi sampai kelelahan. Para peserta diberikan minuman yang mengandung karbohidrat saja atau karbohidrat plus kafein dan beristirahat di laboratorium selama empat jam. Kedua proses diulangi 7-10 hari kemudian.

Para peneliti menemukan bahwa satu jam setelah latihan, kadar glikogen otot telah diisi ulang sampai tingkat yang sama apakah atlet minum minuman yang mengandung karbohidrat dan kafein atau karbohidrat saja. Namun, empat jam setelah latihan, minuman yang mengandung kafein menghasilkan kadar glikogen 66 persen lebih tinggi dibandingkan dengan minuman yang hanya mengandung karbohidrat dan minuman berkafein menghasilkan kadar glukosa darah dan insulin plasma yang lebih tinggi.

Beberapa protein pemberi sinyal yang diyakini berperan dalam pengangkutan glukosa ke dalam otot juga meningkat ke tingkat yang lebih besar setelah para atlet mencerna minuman yang mengandung karbohidrat plus kafein, dibandingkan dengan minuman yang hanya mengandung karbohidrat.

Tetapi para peneliti memperingatkan bahwa atlet yang ingin memasukkan kafein ke dalam latihan mereka harus bereksperimen selama sesi pelatihan jauh sebelum kompetisi penting untuk mencari tahu apa yang bekerja untuk mereka.

 

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp